Beranda POLITIK Caleg Terpilih Diminta Sampaikan LHKPN

Caleg Terpilih Diminta Sampaikan LHKPN

BERBAGI
Sekretaris Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Sumbawa, Lahmuddin SE. (Foto : Roby Teja-NM)

NUSRAMEDIA.COM, SUMBAWA — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sumbawa meminta agar Laporan Harta Kekayaan Pejabat Negara (LHKPN) bagi caleg terpilih pada pemilu 17 April 2019 lalu segera diserahkan ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Penyerahan LHKPN ini sebagai dasar pelantikan caleg terpilih usai penetapan resmi.

Sekretaris KPU Sumbawa, Lahmuddin SE mengatakan, sesuai instruksi KPU RI, penyerahan LHKPN ke KPK diwajibkan sebagai syarat pelantikan anggota legeslatif. Bukti penyerahan itu nantinya akan diserahkan ke KPU sesuai tingkatan caleg terpilih.

Berita Terkait:  Ruslan Turmudzi : Sosok Pemimpin yang Klop Hanya Jokowi!

“Apabila ini tidak dipenuhi, maka tidak akan diusulkan dalam daftar nama yang akan dilantik sebagai anggota DPRD Kabupaten Sumbawa. Bukti dari LHKPN tersebut, selanjutnya disampaikan ke KPU Sumbawa,” ujarnya kepada wartawan, Kamis (23/5).

Penyampaian LHKPN paling lambat 7 hari sejak ditetapkan sebagai calon terpilih.  Artinya, jika ditetapkan pada tanggal 27 Mei mendatang, maka LHKPN harus diserahkan paling telat  7 hari setelah tanggal 27 Mei tersebut.

“Penetapan secara nasional 21 Mei, maka 3×24 jam sejak 21 Mei, Jika tidak ada gugatan, maka nama-nama tersebut bisa kita tetapkan sebagai calon terpilih sehari setelah 3×24 jam atau hari keempat dan paling lama tiga hari,” tukasnya. (NM3)

Berita Terkait:  Bambang Soesatyo: Tragedi Pemilu 2019 Tak Boleh Terulang Kembali

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here