Beranda POLITIK Bulog Diminta Segera Serap Gabah Petani

Bulog Diminta Segera Serap Gabah Petani

BERBAGI

NUSRAMEDIA.COM, SUMBAWA BARAT — Guna menjaga stabilitas harga, Komisi II DPRD Kabupaten Sumbawa Barat mendesak pihak Bulog NTB segera melalukan penyerapan gabah petani.

“Kami minta Bulog NTB segera memerintahkan Kadivre Sumbawa dan Gudang Lamusung (Sumbawa Barat) agar bergegas menyerap gabah petani di KSB,” ujar Ketua Komisi II DPRD KSB, Aheruddin Sidik.

“Karena harga gabah cenderung mulai turun. Bahkan harganya sudah dibawah Harga Pokok Pemerintah (HPP),” tegasnya lagi.

Menurut Aher sapaan akrabnya, turunnya harga gabah karena saat ini wilayah sentra produksi padi di KSB sedang melakukan panen raya.

Berita Terkait:  Masya Allah, Kades Batu Bangka Wakafkan Tanahnya untuk Hal Ini..

“Kondisi ini merupakan waktu yang tepat bagi Bulog untuk menyerap hasil panen petani secara maksimal. Jika tidak diserap, kasihan petani kalau harganya anjlok,” ujar Aher.

Aher berharap serapan gabah oleh Bulog nantinya akan mampu menstabilkan harga pangan baik di tingkat petani maupun konsumen. Lebih dari itu, para petani juga bisa meraup keuntungan sehingga kesejahteraan mereka meningkat.

“Saat ini petani sudah mulai berteriak kalau harga jatuh. Makanya langkah yang cepat dan tepat harus segera dilakukan dengan menyerap segera mungkin. karena kalau harga sudah terlanjur jatuh nantinya, sulit lagi mengembalikannya karena kita tahu kemampuan bulog juga terbatas,” ungkap politisi muda yang juga Ketua DPK PKPI Sumbawa Barat ini.

Berita Terkait:  Bawaslu Kembali Bertemu dengan OKP

Selain stabilisasi harga, Tambah Aher, posisi Bulog juga diharapakan mampu mengamankan pasokan supaya kebutuhan masyarakat tetap terpenuhi dengan baik.

“Jadi kalau harga sudah turun begini dan Bulog tidak menyerap berarti Bulog tidak melakukan salah satu fungsinya. Oleh karena itu, sekali lagi, saya minta Bulog segera melakukan pengamanan pasokan dan penyerapan,” tukasnya.

Selain itu, Komisi II juga meminta agar pemerintah daerah melalui dinas terkait untuk segera melakukan koordinasi dengan pihak Bulog agar langkah-langkah antisipasi segera dilakukan secara cepat. (NM4)

Berita Terkait:  Rais Syuriah NU Loteng Dukung Selly Maju Pilkada Mataram