Beranda POLITIK Begini Kata Budi Suryata Soal Dukungan PDIP Sumbawa untuk Pilkada 2024 

Begini Kata Budi Suryata Soal Dukungan PDIP Sumbawa untuk Pilkada 2024 

BERBAGI
Anggota Komisi V DPRD Provinsi NTB, H Lalu Budi Suryata.

SUMBAWA — Sabtu (22/5) lalu, DPC PDI Perjuangan Sumbawa menggelar rapat kerja cabang (rakercab). Dalam giat tersebut DPC PDIP Sumbawa menyatakan mendukung serta mengusulkan H Lalu Budi Suryata untuk Pilkada 2024 mendatang.

Terkait hal ini, H Lalu Budi Suryata yang kini juga menjabat sebagai Anggota DPRD Provinsi NTB akhirnya angkat bicara memberikan tanggapan. Ia menyambut baik atas dukungan tersebut.

Menurutnya, keputusan atau rekomendasi yang dikeluarkan oleh DPC PDI Perjuangan Sumbawa merupakan aspirasi dari akar rumput, yakni rapat kerja yang berkesinambungan dan berjenjang dari tataran bawah.

Oleh karenanya, pria yang kerap disapa LBS itu menegaskan, bahwa dirinya menyerahkan penuh terhadap keputusan partai. “Saya sebagai kader partai tentu patuh serta tunduk taat dengan keputusan partai,” ujarnya kepada NUSRAMEDIA, Senin (24/5).

Dikatakan pria yang juga menjabat sebagai Ketua Fraksi Bintang Perjuangan Nurani Rakyat (BPNR) DPRD NTB itu, rekomendasi DPC PDIP Sumbawa berupa usulan itu nantinya akan menunggu keputusan final pihak pusat. “Keputusan akhir ada di DPP Partai,” kata Budi Suryata.

Dia menilai apa yang dilakukan oleh DPC PDI Perjuangan Sumbawa adalah langkah yang positif, sehingga masyarakat dapat mengetahui siapa calon pemimpinnya lebih awal. “Keputusan ini dilakukan jauh-jauh hari, agar masyarakat nantinya akan tahu calon pemimpinnya, sehingga  tidak (terkesan) membeli kucing dalam karung,” tuturnya.

Berita Terkait:  Soroti Kerusakan Hutan di NTB, Lalu Wirajaya : Tingkatkan Pengawasan dan Pentingnya Kolaborasi!

Penunjukkan dukungan DPC PDIP Sumbawa terhadapnya, kata Budi Suryata, tentu telah melalui berbagai pertimbangan matang dan alasan yang jelas. Ia memperkirakan lantaran rekam jejaknya yang sudah jelas.

“Mungkin karena saya kader senior. Pernah tiga (3) periode di Sumbawa sebagai Ketua Komisi dan Ketua DPRD Sumbawa dan terakhir menjadi anggota DPRD NTB dari Dapil 5 Sumbawa-KSB dengan suara tertinggi,” demikian H Lalu Budi Suryata.

Sekedar informasi, Rakercab dipimpin langsung oleh Ketua DPC PDIP Sumbawa Abdul Rafiq dan dibuka resmi oleh Ketua Bidang Pariwisata, DPP PDIP Sarwo Budi Wiranti Sukamdani secara virtual.

Rapat juga diikuti DPD PDIP NTB secara virtual dan dihadiri seluruh anggota Fraksi PDIP DPRD Sumbawa, Pengurus PAC, Pimpinan Anak Cabang (PAC), hingga sayap partai se-Kabupaten Sumbawa.

Dalam pelaksanaan kegiatan menerapkan protokol kesehatan pananganan COVID19 yang sangat ketat. Seluruh peserta Rakercab diwajibkan menggunakan masker, mencuci tangan dan sarung tangan serta menjaga jarak.

Sebelumnya, Ketua DPC PDIP Sumbawa – Abdul Rafiq mengatakan, Rakercab kali ini mengangkat tema “Desa Kuat Indonesia Maju dan Berdaulat”. Dimana membahas dan menyusun strategi terkait keorganisasian, pemenangan pemilu 2024 dan program kerja.

Berita Terkait:  Ketua Golkar NTB : Mo-Novi untuk Sumbawa Gemilang dan Lebih Baik

“Kader-kader partai harus menyatu dengan jati diri Partai. Yaitu kebangsaan, Kerakyatan dan Keadilan Sosial,” katanya. Disebutkan, ada beberapa poin inti yang dihasilkan dari Rakercab tersebut. Yakni seperti memantapkan struktur organisasi, Kader, ideologi, hingga pemetaan wilayah.

“Tadi sudah mendengar bagaimana struktur PDIP sudah mantap di masing-masing wilayah ranting dan anak ranting, sayap partai juga sudah terbentuk semua,” ujar Rafiq yang juga Ketua DPRD Sumbawa ini.

Ditegaskan Rafiq, yang tidak kalah penting hasil dari Rakercab ini yaitu persiapan PDIP Sumbawa dalam Pilkada 2024. Dimana telah diputuskan seluruh PAC yang ada sepakat untuk mendukung H Lalu Budi Suryata.

“Ada yang paling penting saya sampaikan di Rakercab tadi, teman PAC terkait dengan calon bupati Sumbawa, bahwa PAC kompak mengusulkan dan mendukung H Lalu Budi Suryata, SP sebagai calon Bupati Sumbawa tahun 2024. Hasil resmi Rakercab,” jelasnya.

Dukungan yang diberikan terhadap LBS tentunya dengan berbagai pertimbangan. Selain ia kini menjabat sebagai Anggota DPRD NTB dapil Sumbawa-KSB, LBS juga pernah menjadi Ketua DPRD Sumbawa Periode 2014-2019. “Dengan memperhatikan rekam jejaknya, maka 24 PAC yang ada ini sepakat mendukung H. Lalu Budi Suryata,” tambahnya.

Berita Terkait:  Bung Nuri Datang, Rakyat Senang!

Sementara terkait pemilihan legislatif, pihaknya bertekad untuk mempertahankan kursi kepemimpinan. “Tetap sebagai pimpinan dan kami berjuang bagaimana meningkatkan perolehan kursi di tiap-tiap Dapil. Ini butuh kerja keras kami semua, Insya Allah kader banteng terkenal dengan semangat juang, gotong royong, saya yakin militansi yang terbangun mulai hari ini akan terjaga sampai tahun 2024,” tegas Rafiq.

Kemudian, Sekretaris DPC PDIP Sumbawa – Gita Liesbano menyampaikan, Pilkada Sumbawa yang telah usai harus dilupakan. Kini saatnya harus dengan semangat baru, dan diharapkan untuk selalu bersama menjaga soliditas.

“Untuk yang lalu itu biasa. Gesekan dan dinamika politik itu sangat saya sadari. Kedepan mungkin tantangannya lebih berat dan saya disini masih banyak belajar semoga besok kita lebih kompak. Tetap menjaga kekompakan untuk menyambut Pemilu mendatang,” jelas Gita yang juga Anggota Komisi I DPRD Sumbawa.

Ditambahkan Bendahara DPC PDIP Sumbawa yang juga Anggota DPRD Sumbawa – Edy Syah Riansah, beberapa program yang sudah direncanakan tentunya membutuhkan anggaran. Sehingga ia akan mengatur anggaran agar jelas. (red)