Beranda POLITIK Bawaslu Sumbawa Pastikan Surat Suara Dalam Keadaan Baik

Bawaslu Sumbawa Pastikan Surat Suara Dalam Keadaan Baik

BERBAGI

NUSRAMEDIA.COM, SUMBAWA — Bawaslu Kabupaten Sumbawa melakukan pengawasan terhadap proses pencetakan dan pengiriman surat suara Pilkada 2020. Ini dilakukan untuk memastikan surat suara tersebut dalam keadaan baik hingga hari pemilihan nantinya.

“Kehadiran Bawaslu Sumbawa dalam proses pengawasan surat suara untuk memastikan keseluruhan surat suara dalam keadaan baik, dan tempat penyimpanan jauh dari kelembaban untuk menjaga surat suara tidak rusak. Jika tempat penyimpanan kurang representatif tentu kami juga menyampaikan masukan ke teman-teman KPU Sumbawa,” ujar Koordinator Divisi Pengawasan dan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu Sumbawa, Hamdan S.Sos.I kepada wartawan, Jum’at (20/11) kemarin di sela-sela pengawasan penerimaan surat suara di Gudang Logistik KPU Sumbawa.

Berita Terkait:  Sempat Tertunda, Akhirnya Rapat Paripurna DPRD NTB Dilanjutkan

Diungkapkan Hamdan, sebelumnya Bawaslu Sumbawa juga melakukan pengawasan di PT. Temperina Media Grapika tempat surat Suara dicetak. Yakni untuk memastikan jumlah dan kualitas surat suara. Termasuk proses pencetakan yang dilakukan oleh rekanan secara profesional.

“Tentunya Kehadiran Bawaslu memastikan seluruh proses dilaksanakan sesuai prosedur dan ketentuan serta jumlah yang dicetak sesuai kebutuhan sebagaimana amanat undang-undang,” tambahnya.

Adapun surat suara yang dicetak pada Pilkada Sumbawa berjumlah 348.077. Rinciannya jumlah DPT Pilkada 337.145, Surat Suara Cadangan 2,5 persen sejumlah 8.932 dan Surat Suara Pemilihan Ulang sebanyak 2 ribu Surat Suara.

Berita Terkait:  Sikapi Persoalan TKI, Dewan Dorong Bentuk Forum Diskusi Khusus!

“Hasil koordinasi dengan teman-teman KPU Sumbawa surat suara akan segera di lakukan disortir dan pelipatan surat suara. Sehingga untuk wilayah-wilayah kepulauan dan terisolir segera terdistribusikan. Dan saya kira teman-teman KPU Sumbawa juga belajar dari Pemilu kemarin soal pendistribusian logistik kewilayahan kecamatan. Sehingga tanggal 8 Desember seluruh kebutuhan logistik Pilkada sudah berada di TPS,” pungkasnya. (red)