Beranda POLITIK Bawaslu Sumbawa Gelar Rakor Penyelesaian Sengketa Pemilu

Bawaslu Sumbawa Gelar Rakor Penyelesaian Sengketa Pemilu

BERBAGI

NUSRAMEDIA.COM, SUMBAWA — Bawaslu Kabupaten Sumbawa menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Penyelesaian Sengketa Acara Cepat Pilkada 2020, bagi Anggota Panwaslu Kecamatan Se – Kabupaten Sumbawa pada Kamis (6/8) di Aula Kantor Bawaslu setempat.

Kegiatan yang dihadiri oleh Pimpinan sekaligus Koordinator Divisi Sengketa Bawaslu Provinsi NTB, Hj Yuyun Nurul Azmi ini juga disertai dengan Panwaslu Kecamatan melakukan simulasi teknik penyelesaian sengketa acara cepat, dicontohkan sengketa antar peserta pemilihan pada saat pemasangan baliho. Didampingi langsung Koordinator Divisi Sengketa Bawaslu Sumbawa, Agusti dan Koordinator Divisi Organisasi dan SDM, Lukman Hakim.

Berita Terkait:  Mantapkan Pemilu 2019, KPU NTB Gelar Bimtek Tungsura

Dalam sambutannya, Koordiv Sengketa Bawaslu Kabupaten Sumbawa, Agusti menyampaikan Rakor Sengketa Acara Cepat yang dilaksanakan tersebut sangat diperlukan oleh Panwaslu Kecamatan.

Karena akan banyak kejadian-kejadian nanti yang akan disengketakan secara cepat ditingkat kecamatan. Untuk itu diharapkan peserta dapat memahami, mengingat pentingnya kegiatan tersebut.

Sebagai narasumber, Koordiv Sengketa Bawaslu NTB, Hj Yuyun Nurul Azmi dalam materinya menyampaikan tentang penyelesaian sengketa proses pemilihan antar peserta. Penyelesaian sengketa cepat pemilihan dilakukan melalui musyawarah dengan acara cepat.

Berita Terkait:  Tahapan Pilkada 7 Kabupaten/Kota Dimulai September 2019  

“Sengketa Pemilihan terjadi karena hak peserta Pemilihan yang dirugikan secara langsung oleh peserta Pemilihan lainnya. Penyelesaian Sengketa Cepat pemilihan dilakukan melalui musyawarah dengan acara cepat. Penyelesaian sengketa tersebut tidak bertentangan dengan peraturan perundang-undangan,” jelasnya.

Ditambahkan Doktor Yuyun, penyelesaian sengketa pemilihan antar peserta dapat dilaksanakan oleh Panwaslu Kecamatan berdasarkan mandat yang diberikan oleh Bawaslu Kabupaten/Kota. (red)