Beranda POLITIK Banyak Dinamika, KPU Tambah Waktu Pelaksanaan Rekapitulasi

Banyak Dinamika, KPU Tambah Waktu Pelaksanaan Rekapitulasi

BERBAGI

NUSRAMEDIA.COM, SUMBAWA — Pleno terbuka rekapitulasi suara tingkat Kabupaten Sumbawa yang dilangsungkan selama tiga hari, mulai 29 April hingga 1 Mei ternyata banyak terjadi dinamika.

Hal tersebut membuat rekapitulasi suara untuk seluruh kecamatan tidak bisa dirampungkan sesuai rencana awal. Sehingga KPU Sumbawa memutuskan untuk menambah waktu (hari) pelaksanaan pleno.

Ketua KPU Sumbawa, M. Wildan, M.Pd menjelaskan, jadwal pleno bersifat dinamis. Apabila tidak selesai dalam tiga hari rencana awal, maka dapat dilanjutkan di hari berikutnya.

“Rencana awalnya dari Senin hingga Rabu. Tetapi karena banyak dinamika dalam hal ini kita sekarang sudah masuk hari keempat. Kita tambah, jadi fleksibel waktunya karena disesuaikan kondisi dengan pelaksanaan di lapangan,” ujarnya kepada wartawan, Kamis (2/5).

Berita Terkait:  Johan Rosihan Minta Mandat Langsung Kepada Rakyat

Adapun dinamika yang terjadi selama tiga hari pelaksaan pleno kabupaten diantaranya seperti adanya salah input data yaitu turunan dari DAA 1 ke DA 1 dan penempatan suara caleg yang salah.

“Memang rata-rata ada permasalahan, kadang-kadang misalnya salah input data yaitu turunan dari DAA 1 ke DA 1. Ini kadang-kadang salah, baik itu masalah pemilih. Ini yang membuat  dinamika ada dalam hal ini. Sedangkan kami dari KPU selalu transparan, data yang kita ambil dan peroleh saat ini benar-benar data yang benar dan bersih. Jadi tidak ada data yang dimanipulasi dan yang tidak diinginkan,” ungkapnya.

Berita Terkait:  Pimpinan dan Anggota DPRD Sumbawa Dipanggil Jaksa

“Kadang-kadang ada ketidak sesuaian data caleg. Kadang caleg satu partai, seharusnya caleg satu dapat dua, tapi kenyataannya dapat satu dibagi ke caleg lainnya. Jumlah pemilih tidak ada yang melebihi jumlah DPT,” tambahnya.

Diungkapkannya, meskipun pelaksanaan pleno ditambah, namun tidak boleh melampaui batas waktu yang diberikan KPU RI yaitu sampai dengan tanggal 7 Mei.

“Apabila telat dari itu, ini yang kita melanggar aturan yang ada. Jadi kemarin makanya kita ambil dari awal untuk mengantisipasi ini semua. Permasalahan-permasalahan yang ada bisa kita selesaikan,” jelasnya.

Berita Terkait:  Selly-Manan Siapkan Kejutan

Pihaknya menargetkan, penambahwan waktu hanya dilakukan selama satu hari saja.

Pasalnya dari 24 Kecamatan, 19 diantaranya sudah selesai direkapitulasi. Sedangkan 5 kecamatan tersisa inilah yang direkapitulasi di masa penambahan.

“Target kami, harapan selesai hari ini sampai nanti malam,” pungkasnya. (NM3)