Beranda POLITIK Antisipasi PPK Terlibat Politik, KPU Sumbawa Perketat Proses Seleksi

Antisipasi PPK Terlibat Politik, KPU Sumbawa Perketat Proses Seleksi

BERBAGI

NUSRAMEDIA.COM, SUMBAWA — KPU Sumbawa saat ini tengah melakukan proses seleksi terhadap 441 calon Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK). Yaitu dimulai dengan penelitian administrasi calon anggota PPK sejak 25 hingga 27 Januari 2020.

Dalam prosesnya, Ketua divisi SDM dan Parmas KPU Sumbawa, Muhammad Ali, S. IP menegaskan akan memperketat perekrutan. Dimana selain indikator penelitian administrasi sesuai dengan persyaratan dan kelengkapan dokumen-dokumen yang harus dipenuhi oleh pendaftar calon PPK dari 24 kecamatan. Juga untuk memastikan calon anggota PPK tidak terlibat dalam partai politik

Berita Terkait:  Bawaslu Pastikan ASN Lakukan Pelanggaran Administratif

“KPU Sumbawa melakukan penelitian administrasi tidak hanya karena tahapan dan kelengkapan administrasi,  tetapi lebih jauh bertujuan untuk memastikan calon anggota PPK tidak ada yang melewati 2 kali masa periodesasi menjadi anggota PPK dan “non partisan” yaitu tidak menjadi anggota partai politik atau paling singkat 5 tahun tidak pernah lagi menjadi anggota partai politik, sesuai surat pernyataan dan atau ada surat keterangan jika pernah menjadi anggota partai,” tegas Ali akrab Komisioner KPU Sumbawa ini disapa, Senin (27/1).

Untuk itu pihaknya akan melakukan pengamatan dan pencermatan dengan baik dalam penelitian administrasi khususnya terkait analisis data periodesasi calon anggota PPK atau adanya keterlibatan politik.

Berita Terkait:  Gemilang Bersama Zul-Rohmi!

Diungkapkannya, hasil penelitian administrasi diumumkan pada 28 dan 29 Januari 2020, dilanjutkan tes tulis pada tanggal 30 Januari 2020. Kemudian untuk keterlibatan masyarakat dalam kesempatan memberikan pendapat terkait calon anggota PPK diberi waktu pada 28 Januari hingga 5 februari.

“Kami harapkan juga keterlibatan masyarakat dalam mengawasi dan melaporkan kepada KPU Sumbawa secara tertulis jika ada calon anggota PPK yang lulus hasil penelitian administrasi dan atau yang lulus tes tulis terindikasi sudah 2  periode dan menjadi anggota partai atau tidak lagi menjadi anggota tetapi kurang dari 5 lima tahun,” tukasnya.

Berita Terkait:  Masyarakat Dinilai Beruntung, CP : Mo-Novi Jawaban untuk Sumbawa

“Kami apresiasi relawansi masyarakat Sumbawa yang telah berpartisipasi aktif mendaftarkan diri menjadi calon anggota PPK di 24 kecamatan dan berterima kasih kepada Insan Pers, Pemerintah Daerah di tingkat Kecamatan dan Desa/Kelurahan secara independen telah membantu sosialisasi kepada masyarakat jadwal perekrutan calon anggota PPK dalam pelaksanaan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sumbawa 2020,” tambahnya. (red)