Beranda PERISTIWA TNI Bersinergi Tangani Illegal Logging di Sumbawa

TNI Bersinergi Tangani Illegal Logging di Sumbawa

BERBAGI
Dandim 1607/Sumbawa Letkol Inf. Syamsul Huda SE., M.Sc

NUSRAMEDIA.COM, SUMBAWA — Kasus illegal logging terus terjadi di sejumlah wilayah di Kabupaten Sumbawa. Aparat gabungan pun juga terus melakukan pengamanan terhadap teduga pelaku.

Sebagi bentuk komitmen, TNI terus bersinergi dengan sejumlah pihak dalam mengantisipasi hal tersebut.

Dandim 1607 Sumbawa, Letkol Inf. Samsul Huda menyampaikan, penanganan illegal logging tetap dilaksanakan secara berkesinambungan bersama KPH maupun kepolisian.

Seperti halnya belum lama ini, telah melakukan penangkapan terhadap terduga pelaku dan sudah diproses.

Berita Terkait:  Asik Tebang Pohon, Seorang Petani asal Monta Diciduk Petugas

Selain itu beberapa barang bukti juga ikut diamankan. Kedepannya pihaknya akan terus berkomitmen dalam penanganan illegal logging ini.

“TNI komit seratus persen untuk membantu KPH dan kepolisian dan menjaga masyarakat terkait illegal logging ini,” ujarnya kepada wartawan, Senin (29/7).

Diungkapkannya, illegal logging di Sumbawa sudah cukup memprihatinkan. Lebih memprihatinkan lagi setelah hutan gundul, kemudian dirambah untuk dijadikan perladangan jagung.

Namun pihaknya sudah berkoordinasi dengan KPH guna melakukan inovasi-inovasi dalam menghimbau dan mengajak masyarakat agar mengembalikan lahan pada fungsinya.

Berita Terkait:  Pemda Lombok Utara Apresiasi Upaya Nyata TNI/Polri

“Sebagai contoh dengan sistem mitra dengan KPH dan Dinas LHK. Sehingga mereka tetap bisa memanfaatkan untuk kebutuhan jangka pendek. Tetapi mereka tetap menanam pohon keras yang sekiranya itu daerah resapan air bagi daerah kita,” terangnya.

Pihaknya menekankan terutama bagi masyarakat supaya lebih mawas diri dan lebih bijak dalam memanfaatkan alam. Dengan adanya illegal logging atau penebangan hutan, hal itu akan merusak alam dan sekitarnya.

Makanya bagi masyarakat yang menjumpai dan mensinyalir adanya illegal logging, dihimbau untuk melaporkan agar segera ditindaklanjuti.

Berita Terkait:  Aktifitas Penangkapan “Baby Lobster” di Sumbawa Masih Berlangsung

“Perlu kita tahu bahwa anak cucu kita masih membutuhkan bumi kita. Pasti dengan adanya illegal logging atau penebangan hutan secara tidak terkonsep, nanti akan merusak alam kita,” pungkasnya. (NM3)