Beranda PERISTIWA Ternyata KLU Alami Kerugian Cukup Besar

Ternyata KLU Alami Kerugian Cukup Besar

BERBAGI
Keterangan Foto : Nampak kesederhanaan Bupati Kabupaten Lombok Utara, H Najmul Akhyar bersama si buah hati dilokasi pengungsian saat gempa bumi 2018 lalu.

NUSRAMEDIA.COM, LOMBOK UTARA — Gempa bumi 2018 lalu yang melanda Provinsi NTB, khususnya Kabupaten Lombok Utara, nampaknya memberikan dampak signifikan.

Dimana KLU terimbas paling parah di NTB dengan merusak banyak bangunan. Nyaris 80 persen permukiman hancur dan rusak parah, baik rumah warga, fasilitas publik, fasilitas sosial hingga korban jiwa.

Kebutuhan dana untuk merehabilitasi dan merekonstruksi seluruh dampak itu juga mencapai triliunan rupiah. Adapun data kerusakan dan kerugian dialami Lombok Utara, sebagaimana diungkapakan Bupati Lombok Utara, H Najmul Akhyar.

Berita Terkait:  Danrem 162/WB Harap Semua Pihak Bersinergi

Dalam peristiwa itu, kata Najmul, korban jiwa mencapai 471 orang. Kemudian rumah warga tiga kategori (berat, sedang dan ringan) sebanyak 75.741 unit dan paling terbanyak di NTB.

Tak hanya itu, kerusakan pada infrastruktur sekitar 85 unit (Terbanyak di NTB). Selanjutnya fasilitas pendidikan sebanyak 294 unit. Fasilitas kesehatan 1 unit RSUD, 8 unit Puskesmas, 30 unit Pustu, dan 45 unit Poskesdes/Polindes.

“Kalau untuk rumah ibadah ada 405 unit. Kemudian pada fasilitas perekonomian pasar tradisional 25 unit, disusul hotel 105 unit,” kata Bupati, Senin 20 Juli 2020 di Lombok Utara.

Berita Terkait:  Pasangan “Kumpul Kebo” Diamankan Satpol PP

“Total kerugian kita yaitu sekitar Rp 3,59 triliun. Dan total kebutuhan rehab rekon sebesar Rp 2,08 triliun,” imbuh orang nomor satu di KLU tersebut.

Ia juga mengungkapkan progres penanganan RTG. Dimana perkembangan pembangunan RTG bencana gempa bumi di Lombok Utara sebanyak 55.170 unit.

“Rekap jumlah RTG ada 55.170 unit. RTG yang selesai ada 35.417 unit. Kemudian RTG on progress sebanyak 7.484 unit dan RTG belum pembangunan (segera) ada 12.269 unit,” demikian H Najmul Akhyar. (red) 

Berita Terkait:  Motif Cemburu, Pelaku Pembunuhan Gunakan Modus Kecelakaan