Beranda PERISTIWA Sikapi Soal Kebakaran Lahan di KLU, Bupati : Jangan Buang Puntung Rokok...

Sikapi Soal Kebakaran Lahan di KLU, Bupati : Jangan Buang Puntung Rokok Sembarangan!

BERBAGI
Keterangan Foto : Bupati Lombok Utara, H Najmul Akhyar bersama Gubernur NTB dan Kapolda NTB saat memantau lokasi kebakaran di KLU.

NUSRAMEDIA.COM, LOMBOK UTARA – Sikap yang ditunjukkan oleh Bupati Lombok Utara, H Najmul Akhyar patut diapresiasi.

Terlebih dalam menyikapi peristiwa kebakaran lahan yang terjadi area Bukit Pandanan dan Bukit Nipah Malaka, Lombok Utara pada Ahad (18/8) kemarin.

Betapa tidak, tanpa menunggu lama orang nomor satu di KLU itu langsung bergerak cepat untuk terjun melakukan peninjauan di lokasi kebakaran.

Kepada media ini, Bupati mengaku api memang sudah berhasil dipadamkan sejak kemarin. Namun hingga saat ini pihaknya masih mencari tahu penyebab utama terjadinya kebakaran.

Berita Terkait:  Mantap! Yonzipur II Palembang Segera Terjun ke Sumbawa

“Masih dicari tahu, apakah factor kesengajaan atau terjadi secara alami,” tuturnya, Senin (19/8) di Lombok Utara.

Terkait peristiwa itu, Bupati Najmul mengimbau kepada masyarakta agar tidak sembarangan membuang punting rokok.

Karena hal itu kata dia, bisa saja menjadi pemicu terjadinya kebakaran. Termasuk sambungnya, warga diminta tidak membuang sampah disembarang tempat.

Mengingat cuaca saat ini cukup kurang bersahbat yakni panas disertai angin kencang dan kering. Ini ditegaskannya guna menghidari adanya hal yang tidak diinginkan terjadi kembali.

Berita Terkait:  Jangan Panik, Ini Penjelasan BMKG Soal Gempa 8.8 SR dan Tsunami di Selatan Jawa

“Kami menghimbau kepada masyarakat agar jangan membuang puntung rokok sembarangan, karena cukup berbahaya. Ditambah lagi dengan cuacara panas, kering disertai angin kencang saat ini, dikhawatirkan api bisa saja meluas. Ini merupakan hal yang harus kita antisipasi bersama,” demikian pintanya.

Untuk diketahui, pada malam peristiwa kebakaran itu selain Bupati KLU, juga turut hadir Gubernur, H Zulkieflimansyah didampingi Kapolda NTB, Irjen Pol Nana Sudjana.

Turut pula, Kapolres Lombok Utara beserta Personil BPBD, Dinas Kehutanan, Pol PP Damkar, unsur TNI serta masyarakat, berjibaku dalam pemadaman titik api yang merembet ke areal terdampak. Hingga saat ini situasi masih terus dalam pantauan. (NM2)

Berita Terkait:  Wabup Sumbawa Lepas JCH Kloter Pertama

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here