Beranda PERISTIWA Semakin Mantap, 3 SKK Yonzipur TNI Tiba di NTB

Semakin Mantap, 3 SKK Yonzipur TNI Tiba di NTB

BERBAGI

NUSRAMEDIA.COM, MATARAM – Sekitar 1000 Pasukan Batalyon Zeni Tempur (Yonzipur) Tentara Nasional Indonesia (Korps Zeni baik Satuan TNI AD dan Marinir TNI AL) bakal ‘kroyok’ NTB.

Kedatangan mereka bertujuan membantu proses percepatan rehab rekon paska gempa yang melanda NTB 2018 lalu.

Penempatan tugas mereka dibagi menjadi dua yakni, di Pulau Sumbawa dan Pulau Lombok.

Untuk di Pulau Sumbawa sendiri, personel tambahan ini akan ditempatka di dua Kabupaten sebagai daerah terdampak akibat gempa, seperti Sumbawa dan Sumbawa Barat.

Sementara di Pulau Lombok, mereka tersebar secara merata di Kabupaten/Kota. Terutama di daerah Kabupaten Lombok Utara (KLU) sebagai wilayah terdampak paling parah.

Bersama masyarakat, Polri dan lainnya, fokus mereka akan membantu proses pembangunan rumah warga yang mengalami kerusakan, terutama rumah yang masuk kategori rusak berat.

Berita Terkait:  Bundaran Simpang Bingung Dijadikan Ikon Sumbawa 

Setelah sebelumnya ratusan personil diterjunkan, tepat pada Jum’at (22/2) menyusul sebanyak 300 personil tiba di Lombok, NTB.

“Ada 3 SSK (300 Personil) dari satuan yang berbeda yaitu 1 SSK dari Yonzipur 5/ABW dan 2 SSK Yonzipur 10/2 Kostrad,” kata Danrem 162/WB kepada media ini di Mataram.

Menurutnya, dari jumlah tersebut mereka akan disebar di dua Pulau (Lombok-Sumbawa) dengan jumlah yang berbeda, sesuai dengan sikon dan kebutuhan di daerah terdampak.

Yonzipur 5/ABW kata dia, akan ditempatkan di Kabupaten Sumbawa Barat (KSB). Sedangkan 2 SSK lainnya dari Yonzipur 10/2 Kostrad akan ditempatkan di wilayah Kabupaten Lombok Utara (KLU).

“Mereka akan diploting ditempat-tempat yang sudah siap materialnya, bukan yang belum ada, sehingga waktu yang ada digunakan seefektif mungkin untuk mempercepat proses rehab rekon,” terang Akmil Angkatan 93 tersebut.

Berita Terkait:  Malam Tahun Baru 2020, Polres Sumbawa Laksanakan Patroli Skala Besar

Setelah memasuki wilayah tempat bekerja, para anggota diminta untuk langsung beradaptasi dan koordinasi dengan para Fasilitator dan rekompak terkait dengan jenis rumah yang akan dibangun.

“Mereka langsung action (bekerja) sesuai dengan jenis rumah berdasarkan permintaan yang akan dibangun dalam Pokmas itu sendiri,” ucapnya.

Adapun target yang ingin dicapai semaksimal mungkin hingga deadline waktu yang ada sampai tanggal 12 April mendatang.

“Khusus untuk rumah rusak berat, progress sampai saat ini sekitar 600 unit rumah dan untuk rumah ringan dan sedang sudah mencapai ribuan, bahkan sudah ada yang langsung ditempati oleh pemilik rumah,” tuturnya.

“kita berharap dalam proses atau tahapan ini semuanya dapat berjalan baik dan lancar dan sesuai seperti yang kita harapkan bersama dapat tuntas dengan maksimal,” demikian Danrem menambahkan.

Berita Terkait:  Asik Mandi, Seorang Anak Terseret Arus Sungai Jangkok 

Berdasarkan data yang dihimpun oleh media ini dari pihak Korem 162/WB sendiri, bahwa jumlah pasukan Yonzipur TNI yang tiba di NTB saat ini mencapai 600 orang.

  1. 1 SSK Yonzipur 2/SG tanggal (18/2) di Kabupaten Sumbawa
  2. 1 SSK Yonzipur 9/Langlang Bhuwana Divisi I Kostrad tanggal (19/2) di Lombok Barat
  3. 1 SSK Yonzipur 4/Tanpa Kawadnya tanggal (20/2) di Lombok Utara
  4. 1 SSK dari Yonzipur 5/ABW tanggal (22/2) di Sumbawa Barat (KSB)
  5. 2 SSK dari Yonzipur 10/2 Kostrad tanggal (22/2) di Lombok Utara

Sedangkan 2 SSK dari Marinir rencanya akan ditempatkan di Lotim dan 2 SSK Yonzipur 18/YKR bakal ditempat tugaskan di Lombok Tengah dan Mataram. (NM1)