PERISTIWA

Sampan Nelayan Terbalik di Perairan Tanjung Menangis

SUMBAWA — Tim SAR gabungan berhasil mengevakuasi dua orang nelayan di Tanjung Raja Sua, Pulau Moyo, Kabupaten Sumbaswa dalam keadaan selamat pada Kamis (21/1) kemarin.

“Kedua korban berhasil dievakuasi dalam keadaan selamat dan dibawa ke Amanwana, Badas,” kata Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Mataram, Nanang Sigit.

Diungkapkannya, bahwa kedua korban yang masih satu keluarga ini berangkat dari Desa Labu Aji wilayah Pulau Moyo menuju Pantai Goa Sumbawa untuk bongkar muat ikan.

Namun saat perjalanan, kata Nanang, sekitar pukul 13.00 Wita angin kencang dan gelombang besar menerjang mereka. Sehingga, sampan yang digunakan terbalik di perairan Tanjung Menangis.

“Korban atas nama Supu (30) dan Basril (18) asal Desa Bajo, Pulau Medang Sumbawa berhasil menyelamatkan diri dan terdampar di Tanjung Raja Sua Pulau Moyo,” katanya.

“Bapak Junaidin anggota Pos AL Sumbawa yang mengetahui kejadian tersebut melaporkannya ke Basarnas Mataram untuk meminta bantuan evakuasi,” imbuh Nanang.

Dikatakannya, Basarnas Mataram menerima laporan tersebut pada pukul 16.14 Wita. Tanpa lama, pihaknya langsung menerjunkan personil Pos SAR Sumbawa.

Menuju ke lokasi korban, masih kata Nanang, bersama unsur lainnya, tim menggunakan Rigit Inflatable Boat (RIB). “Tiba di Amanwana pukul 18.30 Wita, kedua korban sudah diserahkan ke pihak keluarga yang berada di lokasi tersebut,” demikian. (red)