Beranda PERISTIWA Ratusan Rumah Terendam, BPBD Sumbawa Bergerak Cepat

Ratusan Rumah Terendam, BPBD Sumbawa Bergerak Cepat

BERBAGI

NUSRAMEDIA.COM, SUMBAWA — Hujan deras dengan intensitas tinggi dan berlangsung cukup lama mengguyur Kota Sumbawa, khusus wilayah Desa Karang Dima, Kecamatan Labuhan Badas pada Kamis (23/1) malam.

Hal tersebut mengakibatkan ratusan pemukiman warga di desa setempat terendam air dengan ketinggan hampir mencapai sekitar 2 meter.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sumbawa, Ir. A. Rahim yang dikonfirmasi wartawan, membenarkan hal tersebut.

Dikatakan, pihaknya melalui tim reaksi cepat (TRC) sudah mendatangi lokasi untuk mendata warga terdampak. Data sementara, sedikitnya ratusan warga yang tersebar di tiga lokasi Desa Karang Dima kediamannya terendam air.

Berita Terkait:  Jalur Pusuk Sembalun Longsor

“Penyebab air dari pegunungan yang turun dan masuk ke Permukiman warga. Data Sementara Jumlah warga terdampak 125 KK di RT. 01 dan 02 RW. 04 BTN Karang Dima terendam sekitarmeter. Kemudian di RT. 02 RW. 02 Dusun Tanjung Pengamas (Labuhan Punti) sekitar 35 KK, air merendam permukiman dengan ketinggian sekitar 50 cm,” ujarnya.

“Sementara warga terdampak di RT. 02 RW. 03 Dusun Buin Pandan, Desa Karang Dima Jalan Simpang Bangkong 120 KK terdampak dengan ketinggian air sekitar 2 meter,” kata Kalak sembari titik genangan dampak terparah di belakang workshop dan di jalan negara.

Berita Terkait:  Iswandi Instruksikan Biro Kesra Pantau Kebakaran TPA Kebon Kongok

Selain mendata warga terdampak, TRC BPBD Sumbawa juga sekaligus menyalurkan sejumlah bantuan logistik sementara. Seperti mie instant dan air mineral. “Untuk bantuan logistik yang lainnya menyusul,” jelasnya.

Informasi yang di serap NUSRAMEDIA, saat ini ketinggian air di lokasi sudah mulai surut. Wakil Bupati Sumbawa, Drs. H. Mahmud Abdullah juga dikabarkan sudah mendatangi warga terdampak. (red)