PERISTIWA

Perahu Terbalik, Dua Nelayan Terjebak di Perairan Senggigi

NUSRAMEDIA.COM, LOMBOK BARAT — Perahu nelayan terjebak dan terbalik di Perairan Senggigi Kecamatan Batulayar, Kabupaten Lombok Barat. Beruntung dua nelayan berhasil diselamatkan oleh Personel Polsek Senggigi dan Sat Polairud Polres Lombok Barat, sabtu (28/11).

Kapolsek Senggigi AKP Bowo Tri Handoko mengatakan, karamnya Perahu Nelayan di Perairan Senggigi ini terjadi ditengah gelapnya malam.

“Dua korban yang merupakan nelayan dipastikan selamat, diantaranya dua warga Dusun Kerandanga, Desa Senggigi, Kecamatan Batulayar bernama Sahman, laki-laki 28 tahun dan Arfah laki-laki 29 tahun,” ungkapnya.

Kapolsek menjelaskan kronologis karamnya perahu nelayan ini, berawal pada pukul 21.00 wita, kedua korban pergi memancing dan menurunkan perahunya didepan hotel Pasific.

“Sekitar 500 meter dari pantai, korban menurunkan jangkar, karena tertarik oleh jangkar perahu yang mereka naiki, mengakibatkan perahu menjadi terbalik,” jelasnya.

Panik atas kejadian yang menimpa mereka, kemudian kedua korban berusaha meminta pertolongan dengan cara berteriak dan menyalakan senter yang mereka bawa.

“Beruntung teriakan permintaan tolong para korban ini didengar oleh salah seorang warga yang berjualan jangung bakar di jalan raya sebelah barat hotel Sheraton, mendengar terikan dan melihat nyala senter korban,” bebernya.

Atas apa yang didengar dan disaksikannya ini, kemudian penjual jagung bakar tersebut segera menuju ke polsek Senggigi untuk melaporkannya.
“Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, kami segera bertindak, berkoordinasi dengan Sat. Polair Polres Lobar,” terangnya.

Kemudian Kasat Polair Polres Lobar Iptu Turmizi segera mengerahkan personel Sat. Polairud yang menang telah disiagakan di Pos Polair Dermaga Senggigi.

“Bersama Polsek Senggigi kemudian melakukan Evakuasi, menggunakan perahu karet milik Sat. Polair dan sekitar pukul 22.40 wita kedua korban berhasil dievakuasi ke darat dalam keadaan selamat,” imbuhnya.

Atas kesigapan personel Polsek Senggigi dan Sat. Polairud Polres Lobar, dipastikan dua korban tidak mengalami luka-luka ataupun masalah lainya.

“Kegiatan Evakuasi berjalan dengan aman dan lancar, namun demikian diharapkan kepada para nelayan, untuk tetap wasapada bila melaut, apalagi Cuaca akhir-akhir ini tidak menentu,” tutupnya. (red)