Beranda PERISTIWA Pasca Gempa di Sumbawa, BPBD NTB : Korban Jiwa Nihil

Pasca Gempa di Sumbawa, BPBD NTB : Korban Jiwa Nihil

BERBAGI
Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Nusa Tenggara Barat, H Ahsanul Khalik. (Foto Desain : Bobby Maramis)

NUSRAMEDIA.COM, MATARAM — Gempa bumi yang melanda Sumbawa, NTB dengan kekuatan 5.5 Magnitudo cukup menghebohkan warga Sabtu (14/7) sekitar pukul 01.54 WIB.

Guna mengetahui dampak dari gempa bumi tersebut, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi NTB melakukan pengecekkan terhadap pemukiman/perumahan warga di Sumbawa, antara lainnya di Kecamatan Labangka.

Berdasarkan hasil pengecekan sebagaimana diungkapkan Kepala Pelaksana BPBD NTB, H Ahsanul Khalik untuk korban jiwa adalah nihil.

“Nihil (Korban Jiwa, Red), cuma memang ada beberapa kerusakan pada rumah warga dan bangunan lainnya seperti pura dan kantor puskeswan,” ujarnya kepada media ini, Sabtu (14/7) di Mataram.

Berita Terkait:  Bupati Najmul : Mari Korbankan Sikap Egoisme dan  Egosentrisme Pribadi

Diungkapkannya, kerusakan terjadi berada di 3 Desa dari lima 5 Desa yang dikroscek pada Kecamatan Labangka. Untuk di Desa Labangka saja lanjut Ahsanul Khalik, ada lima bangunan/rumah warga yang tedampak.

Yaitu atas nama Wayan Sulatra, Dusun Beringin Jaya (Rusak Ringan), yang mana tembok rumah sebelah kiri jebol/roboh.

Kemudian, Pura Semare Budhi, Dusun Beringin Jaya (Rusak Ringan) bulungan/menura atas lepas.

Selanjutnya, rumah atas nama Husen di Dusun Telaga Ungka mengalami retak pada tembok dalam rumah.

Berita Terkait:  Gelar Syukuran, Bupati Apresiasi RSUD KLU

Begitupun masih kata pria yang akrab disapa AKA ini, atas Ahmad, Dusun Telaga Ungka terjadi retak pada tembok luar dan dalam rumah.

“Terakhir rumah atas nama ibu Radiatul Adawiyah retak pada tembok dalam rumah,” terang manta Kepala Dinas Sosial NTB ini.

Adapun di Desa Sekokat, atas nama rumah Ediyansyah Dusun Pasinggah. Yakni terjadi kerusakan pada plafon dan retak pada tembok.

Tak hanya itu, di Desa Suka Damai Kantor Puskeswan Labangka terjadi keretakkan pada tembok.

Berita Terkait:  Selain Sirene, NTB Pasang 80 Titik Rambu Jalur Evakuasi Tsunami

“Nah, sedangkan di Desa Sukamulya dan Desa Jaya Makmur kerusakan bangunannya nihil,” tutur Ahsanul.

“Dan kita (BPBD NTB) baru buat laporan ke Pak Gubernur, berdasarkan kroscek bersama BPBD Kabupaten Sumbawa, Dandim Sumbawa termasuk Kasat Pol PP Sumbawa,” imbuhnya.

Saat ini kata Ahsanul Khalik, yang terpenting adalah masyarakat mewaspadai adanya gempa susulan yang bisa saja terjadi. Untuk itu pihaknya meminta kepada Kabupaten/Kota dapat mengingatkan ke masyarakat. (NM1) 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here