Beranda PERISTIWA Marak Karhutla, Jangan Buang Puntung Rokok Sembarangan!

Marak Karhutla, Jangan Buang Puntung Rokok Sembarangan!

BERBAGI

NUSRAMEDIA.COM, LOMBOK UTARA — Kebakaran Hutan dan Lahan atau disingkat Karhutla sempat marak terjadi di beberapa daerah lingkup Nusa Tenggara Barat (NTB). Tak terkucali di Kabupaten Lombok Utara (KLU).

Peristiwa kebakaran lahan yang sempat terjadi di KLU cukup mejadi perhatian. Pasalnya beberapa titik lahan sempat dilalap si jago merah.

Hal itu diduga kuat salah satunya dikarenakan puntung rokok. Terlebih dimusim kemarau saat ini yang melanda NTB. Sehingga tak jarang, puntung rokok dapat menyebabkan kebakaran hutan maupun lahan atau bukit.

Berita Terkait:  Bergerak Cepat, Gubernur NTB Temui Korban Gempa di Lotim

Guna mengantisipasi hal ini terjadi lagi, Bupati Kabupaten Lombok Utara melalui Asisten II Setda KLU, Hermanto mengimbau agar masyarakat tetap waspada terhadap segala bentuk hal yang tidak diinginkan terjadi. Salah contoh soal kebakaran.

Kebakaran yang terjadi adalah hal yang cukup membuat perhatian dan merepotkan. Untuk itu, masyarakat diminta agar tetap mengedepankan sikap waspada dan antisipasi terjadinya karhutla.

Terlebih agar tidak membuang puntung rokok sembarangan tempat. Sebab cuaca atau kondisi saat ini (kemarau dibarengi angin kencang) sangat memungkinkan dan besarnya peluang terjadinya kebakaran.

Berita Terkait:  Danrem 162/WB Instruksikan Siaga Bantu Korban Bencana Alam

“Kami dari Pemda juga menghimbau agar masyarakat tidak membakar lahan di bukit atau membuang puntung rokok sembarangan. Sehingga kita tidak direpotkan oleh kebakaran,” harapnya.

“Mari bersama kita jaga daerah tercinta dan mengantisipasi segala bentuk kemungkinan sekaligus menghindarkan dari segala hal yang membahayakan kita semua,” tutupnya.

Untuk diketahui, himbauan atau ajakan tersebut diutarakan oleh Asisten II Setda KLU pada acara Bakti Sosial yang dilakukan oleh Polda NTB di Lombok Utara.

Kapolda NTB didampingi istri tercinta bersama rombongan lainnya menyerahkan beberapa bantuan bagi warga yang menjadi korban gempa. Adapun sejumlah bantuan dana bagi sejumlah sekolah dan serta alat tulis bagi siswa.

Berita Terkait:  Inilah Tiga Pesan Bupati di Hari Bhakti PU ke 74

Tak hanya itu, TPQ yang ada diwilayah tanjung juga menjadi perhatian keluarga besar Polda NTB. Dimana bantuan dana pembangunan/perbaikan juga diberikan oleh Kapolda NTB, Irjen Pol Nana Sudjana AS. (NM2)