Beranda PERISTIWA Mantap! Yonzipur II Palembang Segera Terjun ke Sumbawa

Mantap! Yonzipur II Palembang Segera Terjun ke Sumbawa

BERBAGI
Dandim 1607/Sumbawa, Letkol Inf Syamsul Huda. (Foto : NusraMedia)

NUSRAMEDIA.COM, MATARAM – Dalam waktu dekat ini, Prajurit Batalyon Zeni Tempur (Yonzipur) II Palembang akan datang ke Kabupaten Sumbawa.

Maksud kedatangan 100 Anggota TNI dari Kodam II ini, dalam rangka membantu mempercepat proses pembangunan rumah warga yang rusak akibat gempa beberapa waktu lalu.

Demikian diungkapkan Dandim 1607/Sumbawa, Letkol Inf Syamsul Huda kepada NUSRAMEDIA, Sabtu pagi (16/2) di Mataram usai mengikuti Rakor Pemantapan sekaligus Persiapan Penerimaan Yonzipur TNI di NTB.

Menurut orang nomor satu dijajaran Kodim Sumbawa ini, para anggota TNI ini akan difokuskan membantu masyarakat dalam melaksanakan pembangunan yang mendapatkan status rumah rusak berat.

Berita Terkait:  Isak Tangis Pecah, Ribuan Masyarakat Iringi Pemakaman Sertu Anumerta Mirwariyadin

“Totalnya sekitar seribu orang (TNI) tersebar di NTB. Nah, untuk kita (Kabupaten Sumbawa) ada 100 orang,” ujar pria yang dikenal ramah ini.

Sebelum mulai berkerja lanjut Dandim, terlebih dulu para anggota TNI ini akan diberikan pembinaan atau sosialisasi.

Sebab, untuk mengerjakan tahapan ini tidaklah sembarang. Lantaran ada standar khusus tentang pembangunan rumah rusak berat yakni RTG (Rumah Tahan Gempa).

“Jadi ada sosialisasi dulu. Tidak asal-asalan saja (membangun), karena sudah ada spesifikasi RTG. Setelah itu kita akan ploting sasaran – sasaran yang sudah kita siapkan,” terang Dandim.

Berita Terkait:  Diterjang Angin Kencang, Puluhan Rumah di KSB Rusak

Penting untuk diketahui lebih lanjut dikatakannya, sesuai amana undang-undang (UU) bahwa pembangunan RTG akan dilakukan secara bersama-sama pihak terkait, termasuk masyarakat sendiri.

Hal itu dimaksudkan, agar pekerjaan ini tidak semata-mata diserahkan kepada TNI saja. “Jadi dilaksanakan secara bersama-sama dan memang harus butuh kolaborasi bersama stakeholder termasuk masyarakat sendiri,” tuturnya.

“Rencananya mereka akan tinggal bersama masyarakat selama dua bulan dan diterima langsung oleh Bapak Bupati Sumbawa di Kantor Camat Alas. Untuk kapan waktu pastinya masih akan di komunikasikan lebih lanjut,” demikian Syamsul Huda sembari melalui momentum ini diharapkan suasana kebersamaan antara TNI dan masyarakat lebih melekat. Karena sejatinya ‘Bersama Rakyat TNI Kuat’. (NM1)

Berita Terkait:  Seorang Kakek di Alas Dilaporkan Hilang Saat Cari Kayu Bakar