Beranda PERISTIWA Jelang Idul Adha, Petugas Pemeriksaan Hewan Qurban Ditetapkan

Jelang Idul Adha, Petugas Pemeriksaan Hewan Qurban Ditetapkan

BERBAGI

NUSRAMEDIA.COM, SUMBAWA — Menjelang Hari Raya Idul Adha tahun 2019, Dinas Peternakan dan Kesehatan (Disnakeswan) Kabupaten Sumbawa menetapkan petugas diseluruh wilayah yang ada. Mereka akan melakukan pemeriksaan kesehatan, serta mengawasi pelaksanaan pemotongan hewan qurban.

“Kami sudah menetapkan petugas di seluruh wilayah di Kabupaten Sumbawa untuk melakukan pemeriksaan atau pengecekan terhadap hewan-hewan qurban di Sumbawa. Itu rutin kita lakukan, dalam arti setiap Idul Adha pasti kita tetapkan,” kata Plt Kepala Disnakeswan Sumbawa, Abdul Murad kepada wartawan Kamis (1/8).

Berita Terkait:  Pastikan Semua Baik, BPBD Sumbawa Lakukan Validasi

Nantinya, petugas yang ditunjuk itu akan mengambil sampel darah dari hewan yang akan diqurbankan. Kemudian diperiksa di laboratorium, dan hasilnya akan disampaikan kepada pemilik hewan, apakah boleh dilakukan penyembelihan atau tidak.

“Mereka (Petugas) ambil darah hewan qurban. Kemudian diperiksa di lab. Dan itu nanti hasilnya akan disampaiakan, ini boleh dipotong atau tidak,” terangnya.

Diungkapkan, posko pemeriksaan hewan qurban bertempat di Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Sumbawa. Untuk di kecamatan ditempatkan ditiap UPT yang ada.

Berita Terkait:  Pasca Hujan dan Puting Beliung, Koramil Seteluk Bantu Warga Terdampak

“Nanti petugas ini akan mendatangi semua lokasi-lokasi itu dimana ada hewan qurban itu mereka akan datang,” ujarnya.

Menurutnya, pemeriksaan hewan dilakukan dengan harapan setiap yang dikonsumsi masyarakat harus sehat. Artinya, hewan yang diqurbankan harus betul-betul memenuhi standar syariat Islam.

“Setiap ternak yang mau dilakukan qurban pasti ada. Mulai dari tingkat desa. Karena tugas kita akan tetap monitpring. Hewan yang diqurbankan harus memenuhistandar syariat  Islam. Sehingga betul-betul ternak itu aman dikonsumsi masyarakat,” pungkasnya. (NM3)

Berita Terkait:  Polres Lotim Ringkus Seorang Warga Dusun Gubuk Tengak