Beranda PERISTIWA Hujan Deras di Sumbawa, Jalan dan Rumah Ambruk Diterjang Longsor

Hujan Deras di Sumbawa, Jalan dan Rumah Ambruk Diterjang Longsor

BERBAGI

NUSRAMEDIA.COM, SUMBAWA — Hujan deras melanda Kota Sumbawa dengan waktu cukup lama, sejak Jum’at (3/1) malam hingga Sabtu (4/1) sore.

Menyebabkan terjadinya longsor dibeberapa titik dan membuat ruas jalan menuju Dusun Bangkong, Desa Karang Dima, Kecamatan Labuhan Badas dan satu unit rumah di Keluarahan Uma Sima, ambruk.

Selain adanya bangunan ambruk, beberapa titik di Desa Karang Dima juga tergenang air. Derasnya debit air mengakibatkan sungai Pamulung meluap hingga menggenangi sekitar perumahan dan jalan di depan Pom Bensin setempat.

Berita Terkait:  Ir. Hermanto : Ramadhan Momen Mendapatkan Ganjaran Pahala

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Sumbawa, Ir. A. Rahim yang dikonfirmasi membenarkan adanya kejadian itu. Dikatakan, dari pengecekan dan pendataan yang dilakukan, derasnya hujan mengakibatkan gorong-gorong SJN-Bangkong, Desa Karang Dima terhempas. Hal ini karena derasnya debit air yang turun dari tebing sekitar gorong-gorong.

Selain itu, derasnya hujan juga membuat air sungai Pamulung meluap. Sehingga menggenangi sekitar perumahan BTN Karang Dima dan jalan di depan POM bensin setempat.

Kemudian untuk rumah yang ambruk akibat diterjang longsor terjadi di Jalan Osap Sio RT. 02 RW. 11 Kelurahan Uma Sima Kecamatan Sumbawa. Atas kejadian ini, tim BPBD Sumbawa pun sudah mendatangi korban, Suryanti dengan memberikan bantuan logistik.

Berita Terkait:  Diduga Illegal, Reklamasi Pantai di Tarano Dilaporkan ke Provinsi

“Kami tetap siaga melakukan pemantauan terhadap kejadian bencana yang terjadi. Kepada masyarakat dihimbau untuk tetap waspada terhadap kemungkinan terjadinya bencana alam, seperti banjir, tanah longsor, petir dan angin puting beliung,” jelasnya. (red)