Beranda PERISTIWA Giliran KSB, Satu Jembatan Putus dan Ratusan Hektar Lahan Padi Terendam Banjir

Giliran KSB, Satu Jembatan Putus dan Ratusan Hektar Lahan Padi Terendam Banjir

BERBAGI

NUSRAMEDIA.COM, SUMBAWA BARAT — Banjir bandang baru saja usai melanda wilayah Kabupaten Dompu. Kini Jum’at (5/4), hujan lebat mengguyur wilayah Kabupaten Sumbawa Barat sejak sore hingga malam telah mengakibatkan air sungai di Brang Rea meluap.

Luapan air sungai ini menyebabkan banjir di Desa Moteng Kecamatan Brang Rea.

Rumah warga terendam air dengan ketinggian antara 30 hingga 70 Cm. Selain itu satu unit jembatan putus dan ratusan hektar lahan tanaman padi terendam.

Berita Terkait:  Ir. Hermanto : Ramadhan Momen Mendapatkan Ganjaran Pahala

Kepala Badan Penanggulan Bencana Daerah (BPBD) KSB, Lalu Azhar mengatakan, tinggi air di dalam perkampungan warga mencapai selutut orang dewasa.

“Jembatan yang menghubungkan Desa Moteng dengan Tepas Sepakat putus akibat tingginya debit air sungai,” ungkap Azhar kepada wartawan via sambungan telepon.

BPBD sendiri telah menerjunkan tim reaksi cepat untuk membantu warga di lokasi banjir.

Tim juga membawa serta makanan instan yang dibutuhkan masyarakat. Tim dari TNI dan Polri juga ikut turun membantu masyarakat di lokasi.

Berita Terkait:  Kapolda NTB : Jika Ada Oknum yang Memanfaatkan Proses Rehab Rekon, Segera Laporkan!

Sementara proses pemantauan debit air di Daerah Aliran Sungai (DAS) Desa Tepas, Desa Beru, dan Desa Sapugara Bree serta Kecamatan Taliwang terus dilakukan.

Meski tidak ada korban jiwa, namun peristiwa banjir tersebut dipastikan menimbulkan kerugian materi yang tidak sedikit akibat jembatan yang putus dan terendamnya lahan tanaman padi warga.

Selain Desa Moteng, Banjir, tambah Azhar, juga terjadi di Desa Seloto Kecamatan Taliwang.

Ia meminta warga, khususnya yang tinggal dekat dengan DAS untuk tetap waspada, mengingat intensitas hujan masih tinggi. (NM6)

Berita Terkait:  Petugas Dibuat Kewalahan Oleh Pasien Gejala Corona di Sigerongan