PERISTIWA

Dukung WSI, Imigrasi Dispensasi Perpanjangan Visa Penumpang Yacht

NUSRAMEDIA.COM, SUMBAWA — Sebanyak 60 kapal yacht (kapal layar mewah) diketahui terdaftar sebagai peserta Wonderful Sail to Indonesia (WSI) tahun 2019. Kabupaten Sumbawa yang menjadi jalur pelayaran dijadwalkan menjadi titik labuh pada tanggal 14 hingga 18 September. Kemudian dari 60 yacht tersebut, 20 kapal dengan 40 penumpang diantaranya akan melakukan perpanjangan visa di Kabupaten Sumbawa.

Terkait hal ini, Kepala Kantor Imigrasi Kelas II TPI Sumbawa melalui Analis Kemigrasian, Brian Wiharja mengatakan, pihaknya siap melayani para peserta yacht yang hendak memperpanjang visa. Dimana WSI 2019 menjadi atensi langsung Direktorat Jenderal Imigrasi Kemenkumham RI. Yaitu dengan mengeluarkan surat Nomor IMI.3.UM.01.01.0628 tentang dukungan keimigrasian Wonderful Sail to Indonesia 2019.

Dalam surat tersebut, tertuang bentuk dukungan yang akan diberikan yakni memberikan dipensasi bagi para peserta yacht rally WSI 2019 yang akan memperpanjang visa. “Jadi bagi orang asing yang akan memperpanjang ijin tinggal kunjungannya diberikan dispensasi. Kalau secara prosedur orang asing yang akan memperpanjang izin tinggal harus wawancara, pengambilan foto dan sidik jari untuk biometrik. Namun dukungan terhadap Sail Indonesia ini orang asing tidak perlu wawncara, tidak perlu foto dan sidik jari ke Kantor Imigrasi. Namun tetap membayar PNBP untuk  perpanjangan izin sesuai ketentuan,” ujarnya kepada wartawan, Rabu (4/9).

Untuk teknis pelaksanaannya, jelas Brian, pihaknya akan melakukan koordinasi lebih dulu dengan Dinas Pemuda Olahrag dan Pariwisata (Dispopar) Kabupaten Sumbawa selaku instansi terakit, untuk dapat menginformasikan ke Event Oraganizer bersangkutan. “Jadi itu mempermudah mereka, tidak perlu repot datang ke kantor Imigrasi kita lakukan perpanjangan. Terkait teknis pelaksanaannya kami akan koordinasi dengan Dispopar agar bisa menghubungi dan menginformasikan kepada EO even tersebut,” tambahnya.

Diungkapkannya, untuk kesiapan sistem sudah disediakan sejak awal. Selain itu, Imigrasi Sumbawa juga sudah memiliki alat mobile. “Persiapan Direktorat Jenderal Imigrasi sudah dari jauh-jauh hari terkait Wonderful Sail to Indonesia 2019. Yang jelas sangat mensuport kegiatan,” tukasnya. (NM3)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini