Beranda PERISTIWA Ditangani Cepat, Seorang Warga Lunyuk Pernah Kontak dengan Pasien Positif Corona

Ditangani Cepat, Seorang Warga Lunyuk Pernah Kontak dengan Pasien Positif Corona

BERBAGI

NUSRAMEDIA.COM, SUMBAWA — Kemarin, Gubernur NTB telah mengumumkan adanya satu pasien asal pulau lombok yang dinyatakan positif terkena wabah virus corona (Covid-19).

Pasien dimaksud ternyata pernah melakukan kontak dengan sejumlah orang. Salah seorang diantaranya merupakan warga Kecamatan Lunyuk, Kabupaten Sumbawa.

Menurut informasi, warga Lunyuk berusia 51 tahun tersebut adalah keluarga dari pasien positif corona dan pernah berkontak erat saat berada di lombok.

Dia baru kembali dari Lombok pada 14 Maret 2020 menggunakan Bus Damri jurusan Ropang, sampai di Kecamayan Utan berpindah bus naik Yudi Jaya menuju Kecamatan Lunyuk.

Adapum riwayat berobat yang bersangkutan yakni :

1. Pada hari Rabu tgl 11 maret 2020 berobat di Puskesmas Aikmel Lotim (demam dan pilek batuk).

2.Pada senin tgl 16 maret 2020 yang bersangkutan merasa tidak enak badan jantung berdebar dan tensi naik terasa flu kemudian berobat ke Puskesmas lunyuk.

3. Pada selasa 17 maret 2020 yang bersangkutan di infus di rumah pribadi (badan lemas dan sesak nafas)

4. Pada Jum’at 20 maret 2020 yang bersangkutan kontrol tensi di Puskesmas Lunyuk

5. Pada selasa 24 maret 2020 yang bersangkutan dibesuk oleh 16 orang siswa/siswinya.

Camat Lunyuk, Iwan Sofyan yang dikonfirmasi wartawan membenarkan adanya hal itu. Dikatakan, semenjak menerima laporan tersebut, pihaknya langsung berkoordinasi dengan Muspika dan pihak Puskesmas di Kecamatan Lunyuk. Guna mengambil langkah-langkah penanganan terbaik.

“Semenjak menerima laporan keberadaan yang bersangkutan sekitar pukul 17.00 wita kemarin, kami langsung mengumpulkan muspika dan pihak puskesmas. Kita mengambil langkah-langkah taktis dan termasuk kondisi wilayah,” ujarnya, Rabu (25/3).

Terhadap hal ini, jelasnya, direncanakan akan melakukan tindakan terukur bersama tim lengkap, seperti Muspika, tim Puskesmas serta 7 pemerintah desa yang ada di Kecamatan Lunyuk.

Selain itu, pihaknya juga sudah meminta peralatan Alat Pelindung Diri (ADP) ke puskesmas, agar yang bersangkutan bisa dibawa ke Sumbawa.

“Kejadian ini diharapkan bisa menjadi kewaspadaan kita bersama. Kami akan terus mencoba melakukan segala daya dan upaya agar Lunyuk aman,” tukasnya. (red)