Beranda PERISTIWA Cegah Persoalan CTKI, Imigrasi Sumbawa Selektif Terbitkan Paspor

Cegah Persoalan CTKI, Imigrasi Sumbawa Selektif Terbitkan Paspor

BERBAGI
Kepala Kantor Imigrasi TPI Kelas II Sumbawa, Andy Cahyono Bayuadi.

NUSRAMEDIA.COM, SUMBAWA — Kantor Imigrasi TPI Kelas II Sumbawa lebih selektif dalam menerbitkan paspor pemohon. Tujuannya untuk mencegah permasalahan bagi calon tenaga kerja indonesia (CTKI), khususnya asal Sumbawa. Sedikitnya 30 pemohon pembuatan paspor sudah ditolak hingga Juni 2019.

Kepala Kantor Imigrasi TPI Kelas II Sumbawa, Andy Cahyono Bayuadi menjelaskan, penolakan paspor yang dilakukan oleh pihaknya berdasarkan hasil pemeriksaan dokumen dan wawancara terhadap pemohon.

“Kita tolak karena dikhawatirkan akan menjadi TKI non prosedural. Karena layanan imigrasi juga ada di LTSP bersama Pemda. Karena kita punya beban moral untuk membantu masyarakat, menjaga dan melindungi warga negara kita,” ujarnya kepada wartawan, Kamis (11/7).

Berita Terkait:  Dihadiri Bupati KLU, Alumni AKABRI 89 Bangun RKB dan Masjid Babussalam

Diungkapkan Andy-akrabnya disapa, penolakan paspor CTKI ini rata-rata daerah tujuannya ke Malaysia. Dimana kasus sebelum yang pernah terjadi di Sumbawa, TKI berangkat menuju Malaysia namun dilanjutkan ke negara timur tengah

“Untuk mengantisipasi terjadi permasalahan nantinya. Makanya kami lebih selektif,” jelasnya.

Andy menghimbau agar masyarakat Sumbawa dan KSB tidak terbuai dengan rayuan manis oleh oknum yang menjanjikan pekerjaan di luar negeri.

“Setiap warga negara berhak untuk pergi ke luar negeri. Tetapi tolong paspor digunakan sesuai dengan tujuan yang benar. Jangan asal berangkat saja, karena nanti resikonya dia yang menanggung. Kami juga khawatir mendapat komplain dari pemohon. Karena hak asasi juga. Tetapi kalau disalahgunakan kita tolak. Kita tidak menghalangi masyarakat untuk bekerja di luar negeri. Tetapi mencegah menjadi korban,” demikian Andy. (NM3)

Berita Terkait:  Pengumuman Peta Bidang Tanah dan Daftar Nominatif