Beranda PERISTIWA BPBD Sumbawa Bagi Tiga Wilayah Pelayanan Air Bersih

BPBD Sumbawa Bagi Tiga Wilayah Pelayanan Air Bersih

BERBAGI

NUSRAMEDIA.COM, SUMBAWA — Sejumlah wilayah di Kabupaten Sumbawa saat ini sudah mengalami kesulitan air bersih. Guna wilayah terdampak cepat dan mudah terlayani, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumbawa membagi 3 wilayah pelayanan daerah rawan kekeringan.

Ketiga wilayah tersebut yaitu, wilayah barat meliputi Kecamatan Rhee hingga Alas Barat, wilayah tengah meliputi kecamatan sekitar kota sumbawa, Moyo Hilir, Moyo Utara, Labuhan Badas, Unter Iwes, Moyo Hulu Hingga Lenangguar. Kemudian untuk wilayah timur meliputi Kecamatan Lopok hingga Tarano.

“Karena luas wilayah, kami membagi  tiga pelayanan. Sementara ini kita berusaha, saat ini sudah ada surat masuk dan kita layani menggunakan tanki kita. Begitu juga dengan wilayah barat,” ujar Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Sumbawa, Muhammad Nurhidayat, ST kepada wartawan, Kamis (11/7).

Berita Terkait:  Pasca OTT, Dewan Harap Semua Pihak Jaga Diri

Disebutkannya, sejumlah wilayah di Kabupaten Sumbawa yang mulai mengalami kesulitan air bersih diantaranya, Pulau Bingin Kecamatan Alas, Uma Buntar Kecamatan Unter Iwes, dan Kecamatan Moyo Hulu diantaranya Semamung, Seminar, Maman, hingga Batu Bulan.

“Sejauh ini yang terparah masih di bagian barat yakni pulau bungin, kemarin ada surat masuk di Uma Buntar Unter Iwes, sudah kita layani. Lape sudah mulai ada suratnya, semamung juga memang dari dulu sudah kekurangan naik, seminar, maman, batu bulan, pokok daerah bendungan itu mengalami kekeringan,” ungkap.

Berita Terkait:  Owner Metzo Sikapi Bijak Persoalan Kasus Striptis

Diterangkan, saat ini hampir semua wilayah di Kabupaten Sumbawa sudah mengalami krisis air bersih. Diperkirakan puncaknya akan terjadi pada bulan Agustus mendatang.

“Saat ini semua milayah sudah mengalami kekurangan air, tapi puncaknya nanti kira-kira bulan depan. Saat ini kami sedang menganalisa membagi tiga wilayah kekeringan yang ada di Sumbawa, Barat, Tengah dan Timur. Wilayah Barat dari Kecamatan Rhee ke KBS, Tengah Sumbawa sampai ke Lenangguar, Wilayah timur dari Lopok Beru sampai Tarano,” terangnya.

Berita Terkait:  Sumbawa Tambah Satu Unit Mobil Damkar

“Kami sebagi Pemerintah Daerah harus siap sebelum masyarakat teriak minta air. Kita sudah estimasi beberapa kebutuhan air di wilayah masing-masing. Untuk wilayah kota kita bekerjasama dengan PDAM, untuk luar kita ada sumur bor,” tambahnya. (NM3)