Beranda PERISTIWA BPBD Proses Pencairan Pokmas Khusus

BPBD Proses Pencairan Pokmas Khusus

BERBAGI

NUSRAMEDIA.COM, SUMBAWA — Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sumbawa saat ini tengah memproses pencairan bantuan dana gempa bumi dari kelompok masyarakat (Pokmas) khusus ke aplikator, di Kantor setempat, Kamis (2/5).

Adapun Pokmas khusus tersebut merupakan gabungan dari daerah terdampak terjauh dan sedikit yang menjadi korban, diantara yaitu Kecamatan Lunyuk, Ropang, Lantung, Orong Telu dan Sumbawa.

Kepala Pelaksana BPBD Sumbawa, Ir. A. Rahim menyampaikan, agar mempermudah dan mempercepat proses pencairan untuk daerah terdampak gempa dengan wilayah terjauh, maka digabung dalam suatu Pokmas khusus.

Berita Terkait:  Koramil Lape Lopok Salurkan Air Bersih

Kemudian yang dipilih sebagai lokasi proses pencairan yaitu Kantor BPBD, karena jika diproses di Kecamatan Alas seperti biasanya, maka jaraknya semakin jauh.

“Hari ini di Kantor, ada pencairan dari Pokmas khusus ke aplikator,” ujarnya yang didampingi Kabid Kedaruratan dan Logistik, M. Nurhidayat ST.

Diungkapkan, proses pencairan dari Pokmas khusu ke aplikator ini merupakan kedua kalinya. Selain itu, meskipun sedang memproses pencairan Pokmas khusus, namun Pihaknya tetap memproses pencairan untuk daerah terdampak lainnya di Alas. Dalam hal ini, pihaknya sudah menerjunkan tim ke lokasi dimaksud.

Berita Terkait:  Fokus Tangani COVID-19, Tapi Tak Lupakan HUT Lombok Barat

“Kalau di lokasi (Alas, red) pencairan dilakukan selasa sama kamis,” ungkapnya.

Sejauh ini rumah yang sudah dibangun sebanyak 151 rumah instan sederhana sehat (Risa) dan 163 sedang dikerjakan, 250 unit rumah instan konvensional (Riko) sudah dibangun dan 173 sedang dikerjakan serta 370 unit rumah instan kayu (Rika) sudah dibangun. (NM3)