Beranda PERISTIWA Api Berhasil Dipadamkan, Ternyata Ini Penyebab Kebakaran Lahan di Lombok Utara

Api Berhasil Dipadamkan, Ternyata Ini Penyebab Kebakaran Lahan di Lombok Utara

BERBAGI

NUSRAMEDIA.COM, LOMBOK UTARA — Tepat (18/8) sekitar pukul 15.00 Wita di Dusun Nipah Desa Malaka, Pemenang, Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat terjadi kebakaran lahan yang berhasil dipadamkan oleh Satgas Karhutla Polda NTB sekitar pukul 01.00 wita.

Lokasi kebakaran yang merupakan lahan semak belukar ini, terjadi di Dusun Nipah tidak jauh beda dengan lokasi kebakaran sebelumnya. Dimana kondisi musim kemarau, angin yang kencang dan terdapat banyak pohon yang kering pada lokasi tersebut.

Berita Terkait:  Warga Empang dan Pelampang Meninggal Didalam Lubang Emas

Kepada media ini, Kabid Humas Polda NTB, Kombes Pol Purnam SIK menerangkan bahwa pertama kali asap dilihat oleh salah seorang warga atas nama Muhsin pada pukul 11.00 wita, namun api membesar dan merambat yang dilihat oleh masyarakat pada pukul 15.00 Wita berada di wilayah teresebut.

Tepat sekitar pukul 16.00 wita lanjut Purnama api dapat di padamkan oleh 6 personil Polsek Pemenang, 8 orang dari petugas Damkar serta dibantu oleh masyarakat sekitar dengan menggunakan alat seadanya.

Berita Terkait:  Gubernur NTB Serahkan Bantuan Rumah Program Hibah

“Nah sekitar pukul 17.00 wita api muncul kembali dititik yang berbeda berdekataan dengan lokasi yang pertama dan merambat sampai ke lahan dusun Pandanan,” ujarnya, Senin pagi (19/8) tadi.

“Pemadaman api dipimpin langsung oleh Kapolres Lotara AKBP Herman Suriyono beserta PJU Polres Lotara dan orang personel Polsek Pemenang Polres Lombok Utara, 8 orang dari petugas Damkar serta dibantu oleh masyarakat sekitar dengan menggunakan alat seadanya sehingga api dapat di padamkan,” imbuhnya menerangkan.

Berita Terkait:  Giliran KSB, Satu Jembatan Putus dan Ratusan Hektar Lahan Padi Terendam Banjir

Dalam peristiwa itu lebih lanjut dijabarkan Purnama sekitar pukul 21.00 Kapolda NTB serta jajaran, Bupati Lotara serta Gubernur NTB tiba dilokasi kebakaran melakukan peninjauan sekaligus memimpin Satgas Karhutla melakukan pemadaman.

“Satgas Karhutla NTB saat ini masih standby untuk mengantisipasi munculnya titik api kembali, melihat angin berhembus cukup kencang. Dihimbau kepada masyarakat pengguna jalan raya sekitar area agar tidak membuang puntung rokok sembarangan,” demikian Kabid Humas Polda NTB. (NM2)