PENDIDIKAN

TW II, Disdikbud Sumbawa Cairkan Dana BOS Rp 23,3 Miliar

NUSRAMEDIA.COM, SUMBAWA — Menunggu cukup lama, sekolah penerima akhirnya dapat mencairkan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) untuk Tri Wulan Dua (TW II) Tahun 2019.

“Alhamdulillah, dana BOS TW II nya sudah bisa dicairkan,” ujar Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Sumbawa, melalui Kasubag Urusan Perbantuan, Mohammad Husnul Alwan, SAg.

Dana yang berasal dari pemerintah pusat itu menurut Alwan, sapaan akrabnya, sudah cair seminggu sebelum lebaran.

Saat ini sebagian besar sekolah yang melakukan pencairan. Jika pun masih ada sekolah penerima yang belum mencairkan, itu dikarenakan laporan administrasinya belum lengkap.

“Ada sekitar 20% atau 80 sekolah yang belum mencairkan. Mungkin karena waktunya kemarin mepet menjelang lebaran, jadi ada sekolah yang belum sempat urus kelengkapan administrasi pencairan,” jelasnya.

Administrasi yang belum lengkap ini, seperti belum mencantumkan laporan rincian belanja modal, rincian barang dan jasa TW I sampai rincian K1 sampai K7A.

“Minggu ini juga laporannya harus sudah selesai, biar dana BOS TW II nya langsung bisa dicairkan,” tandasnya.

Bagi sekolah yang sudah mencairkan, ia berharap dapat menggunakan anggaran sesuai yang tercantum dalam RAPBS.

Kemudian sekolah juga diinagtkan untuk segera melaporkan pertanggungjawaban penggunaan dana BOS TW II, supaya proses pencairan dana BOS TW III nya nanti tidak terlambat lagi.

Untuk diketahui, di TW II ini ada sebesar 40% dari total dana BOS yang dicairkan. Total dana BOS TW II yang dicairkan nanti sebesar Rp 23,3 Miliar.

SD negeri mendapat alokasi paling besar yakni Rp 15 Miliar dengan jumlah siswa penerima sebanyak 46.889.

Sementara untuk SD swasta sebesar Rp 538,5 juta, dengan jumlah siswa penerima sebanyak 1.683.

Sedangkan untuk SMP negeri dana BOS yang diterima nanti sebesar 7,2 Miliar, dengan jumlah siswa penerima sebanyak 18.108, dan SMP swasta sebesar Rp 556,8 juta dengan jumlah siswa penerima sebanyak 1.392.

“Untuk TW II ini tidak ada pembayaran kekurangan, karena semua sekolah penerima sudah melakukan pencairan di TW I,” pungkasnya. (NM1)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini