Beranda PENDIDIKAN Tingkatkan Minat Baca, DPKP Bakal Gandeng Dikbud NTB

Tingkatkan Minat Baca, DPKP Bakal Gandeng Dikbud NTB

BERBAGI
Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Nusa Tenggara Barat (DPKP NTB), Dr H Manggaukang Raba MM. (Foto : Bobby Maramis)

NUSRAMEDIA.COM, MATARAM – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi (DPKP) Provinsi NTB dibawah kepemimpinan H Manggaukang Raba terus berupaya tumbuh kembangkan minat baca masyarakat NTB.

Selain menggandeng TP-PKK NTB serta pihak BUMN dan BUMD, seluruh OPD Lingkup Pemprov NTB juga menjadi fokus DPKP NTB. Terutama Dinas Dikbud NTB, dalam meningkatkan minat baca pelajar.

“Selain PKK, BUMN dan BUMD, kita juga akan menggandeng seluruh OPD, terutama Dinas Dikbud NTB,” demikian dikatakan Kepala Dinas PKP Provinsi NTB, Manggaukang Raba kepada media ini, Kamis 17 Januari 2019 di Mataram.

Berita Terkait:  Mari Jaga Indonesia dengan Empat Pilar Kebangsaan

Menurutnya, minat baca masyarakat termasuk pelajar di NTB masih terbilang minim. Adapun hal yang menjadi keprihatinanya, yakni meski ada perpustakan di sekolah, namun terkesan belum maksimal dimanfaatkan.

“Disekolah kan sudah ada perpustakaan, tapi kadang-kadang pengelola perpustakaannya ini, bisa jadi belum paham mengelola perpustakaan,” kata Manggaukang.

“Padahal perpustakaan ini penting untuk digalakkan dalam rangka meningkatkan minat baca anak-anak kita, terutama di sekolah-sekolah,” tambahnya lagi.

Terkait persoalan ini, sebagai upaya nyata DPKP berencana akan mengkordinasikan bersama pihak Dikbud NTB, sehingga nantinya dapat diterbitkan semacam surat edaran ke sekolah-sekolah.

Berita Terkait:  Sejumlah Pengawas dan Kepala Sekolah Lingkup KSB Dilantik

Agar siswa-siswi kata mantan Karo Perekonomian ini, sebelum melaksanakan proses kegiatan belajar mengajar (KBM) dapat membaca terlebih selama 5 atau 10 menit.

“Jika hal ini menjadi kebiasaan (membaca sebelum memulai proses KBM), maka sudah pasti akan berdampak bagus, tentunya bagi anak-anak kita di sekolah,” ujarnya.

“Insya Allah tidak hanya ini upaya kita, termasuk toko-toko buku yang ada kita juga akan bekerjasama dengan mereka,” demikian Manggaukang Raba. (NM1)