Beranda PENDIDIKAN Tingkatkan Indeks Alibaca, DPKP NTB Siap Kolaborasi dengan Kabupaten/Kota

Tingkatkan Indeks Alibaca, DPKP NTB Siap Kolaborasi dengan Kabupaten/Kota

BERBAGI
Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi (DPKP) NTB-Julmansyah. (Ist)

MATARAM — Salah satu hal yang akan difokuskan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi (DPKP) Nusa Tenggara Barat, yakni meningkatkan indeks aktivitas literasi baca (Alibaca). Demikian dikatakan Julmansyah-Kepala DPKP NTB kepada media ini, Selasa 13 April 2021 di Mataram.

Menurut dia, peningkatan indeks alibaca di NTB sangat penting. Terlebih indeks aktivitasi literasi baca NTB masih dibawah rata-rata nasional. “Masih dibawah rata-rata nasional. Data Kemendikbud, indeks aktivitas literasi baca NTB berada di peringkat 23 dari 34 provinsi,” kata pria yang akrab disapa Jul ini.

Berita Terkait:  Denpal IX/2 Mataram Tekan Disiplin Siswa Prakerin SMK

Dia memaparkan, bahwa ada empat (4) dimensi pembentuk berkaitan dengan indeks alibaca. Pertama, sebut dia, dimensi kecakapan, terkait rata-rata lama usia sekolah dan menjadi ranah Dikbud kabupaten/kota serta provinsi.

Kedua, lanjut Jul, dimensi akses. Ini berkaitan dengan beberapa jumlah pengunjung ke perpustakaan, pembaca koran dan buku. “Ini menjadi ranah perpustakaan,” tuturnya.

“Ketiga, dimensi alternatif, terkait dengan rasio atau jumlah orang yang mengakses internet/komputer. Kemudian dimensi budaya, yakni budaya baca beberapa banyak membaca buku, jenis bacaannya apa,” imbuhnya.

Berita Terkait:  Sepucuk Surat dari Siswi SDIT Insan Kamil untuk Gubernur NTB

Oleh karenanya, masih kata pria yang dikenal ramah dan santun itu, jika melihat empat dimensi tersebut, maka pihaknya masih memiliki “PR” pada dua dimensi, yaitu budaya dan akses.

“Untuk (dimensi) budaya kami jawab dengan Perda Penyelenggaraan Perpustakaan. Karena disitu banyak dibahas soal pembudayaan membaca,” ungkap Jul.

Maka dari itu, ia menegaskan, bahwa menyikapi PR itu akan fokus dilakukan bersama Dinas Dikbud kabupaten/kota di NTB. Ini, kata Jul, dalam rangka mendoronf sekaligus meningkatkan indeks alibaca di NTB. “Intinya, kedepan kita akan terus berkolaborasi secara maksimal dengan kabupaten/kota,” pungkasnya. (red) 

Berita Terkait:  Minimalisir Kasus Pelajar, Intensif Pendidikan Karakter Dibutuhkan Sekolah