Beranda PENDIDIKAN “The Power of 4P” Program Gebrakan Dikbud NTB

“The Power of 4P” Program Gebrakan Dikbud NTB

BERBAGI

DUKUNG MISI NTB SEHAT DAN CERDAS

MATARAM — Guna mendukung demi terwujudnya NTB yang sehat dan cerdas, NTB aman dan berkah serta sejahterah sesuai amanah RPJMD 2018-2023, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Nusa Tenggara Barat berkomitmen penuh dalam mewujudkan visi dan misi NTB Gemilang periode 2018-2023.

Amanah yang diberikan melalui misi tersebut dijadikan pedoman dalam meningkatkan mutu pendidikan di Nusa Tenggara Barat. Salah satu upaya menuju misi tersebut adalah melalui Program “4P” yaitu Profil, Penampilan, Pelayanan dan Prestasi.

Program “The Power of 4P” gebrakkan Dikbud NTB dibawah kepemimpinan H Aidy Furqan ini nampaknya masih kurang diketahui masyarakat NTB. Oleh karena itu, tidak ada salahnya bersama-sama mengetahui lebih jelas apa itu 4P yang dimaksud.

Berita Terkait:  Program INOVASI Diapresiasi

“The Power of 4P” merupakan strategi yang dikembangkan Dinas Dikbud NTB sejak H Aidy Furqan mulai menjabat sebagai Kepala Dinas Dikbud NTB sekitar awal tahun 2020. Dia menjelaskan soal Profil. Profil sekolah merupakan cerminan ketekunan dan ketelitian sekolah yang dinilai secara langsung oleh pemerintah dan masyarakat.

Dimana komponen profil antara lain akurasi data guru dan tata usaha, akurasi kompetensi, akurasi data siswa, akurasi data sarpras, dan lainnya. “Profil sekolah menjadi satu bagian penting dalam penetapan program, peningkatan citra profesional yang dapat memberi rasa kepercayaan diri yang tinggi untuk bersaing,” kata Aidy kepada NUSRAMEDIA, Rabu pagi (13/1) tadi di Mataram.

Berita Terkait:  Apakah Namamu Masuk? Inilah Siswa di Sumbawa Peraih Nilai Tertinggi Tiap Mapel

Terkait Penampilan, diungkapkan Aidy, penampilan sekolah merupakan cerminan citra diri sekolah yang dinilai secara langsung oleh masyarakat. Penampilan dapat menjadi modal utama bagi sekolah sebagai nilai jual di masyarakat dan orang tua.

“Penampilan menjadi satu bagian penting dalam pembentukan dan peningkatan citra profesional yang dapat memberi rasa kepercayaan diri yang tinggi bagi seluruh warga sekolah,” jelasnya.

Sementara terkait Pelayanan, Aidy menyampaikan bahwa sekolah adalah lembaga sosial yang memiliki fungsi pelayanan terhadap warga sekolah, orang tua, dan masyarakat. Sebagai upaya sekolah melalui optimalisasi dari tugas dan fungsinya untuk menciptakan lingkungan yang kondusif.

Berita Terkait:  STIPark Gelar Lomba Karya Ilmiah, Inilah Para Pemenangnya...

“Mengenai Prestasi, prestasi merupakan hasil suatu kecakapan atau hasil kongkrit dari warga sekolah, baik prestasi siswa, pendidik dan tenaga kependidikan dalam bidang akdemik dan non akademik yang dapat dijadikan motivasi dan promosi sekolah,” demikian Kadis Dikbud NTB. (red)