Beranda PENDIDIKAN Susun RPJMDES dan RKPDES, LRPM IISBUD SAREA Teken MoU dengan Kades Penyaring

Susun RPJMDES dan RKPDES, LRPM IISBUD SAREA Teken MoU dengan Kades Penyaring

BERBAGI

NUSRAMEDIA.COM, SUMBAWA — Terkait dengan adanya Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDES), Kepala Desa Penyaring membangun kerjasama dengan LRPM IISBUD SAREA dalam bentuk KKN Tematik sebagai implementasi dari pelaksanaan kampus merdeka.

Kerjasama ini ditandai dengan ditandatanganinya Memorandum of Understanding (MoU) pada Rabu (8/7) kemarin.

Dr Ahmad Yamin, SH., MH. Selaku Dosen Fakultas Hukum menyampaikan bahwa mahasiswa diturunkan ke lapangan adalah untuk memadukan antara teori dan praktek.

“Terutama di Ilmu Pemerintahan terkait dengan pemerintahan desa, jadi mahasiswa diharapkan membantu desa dalam menyusun RPJMDES dan RKPDES,” ujarnya.

Berita Terkait:  Pembangunan SMPN 4 Utan Belum Jelas

“RPJMDES adalah mahasiswa akan membantu kepala desa untuk membedah visi dan misi, yang selanjutnya akan diturunkan dalam arah kebijakan desa untuk masa 6 tahun perencanaan sesuai dengan masa bakti kepala desa yang bersangkutan di dalam penyelenggaraan pemerintahan desa, pembangunan desa, pembinaan pemasyarakatan dan pemberdayaan kepada masyarakat.” sambungnya.

Tak hanya itu, Dr Yamin juga menuturkan didalam KKN Tematik ini kampus dalam hal ini Lembaga Riset Pengabdian Masyarakat melakukan kontrak kerjasama dengan desa dalam rangka penyusunan RPJMDES dan RKPDES.

Berita Terkait:  Generasi Milenial Diajak Gemar Menabung

“Yang lebih penting lagi bahwa KKN Tematik ini mahasiswa akan menginventarisir dan melakukan verifikasi terhadap potensi yang ada di desa dalam rangka mengembangkan pendapatan asli desa yang nantinya bisa menambah struktur APBDES yang ada di desa,” katanya.

Untuk diketahui, output dari KKN Tematik ini adalah bagaimana desa akan menjadi desa yang berkesejahteraan sosial, desa yang mandiri dimana masyarakat desa dapat mengakses kehidupan-kehidupannya, baik dalam kerangka sosial, ekonomi, dan budaya untuk membangun desa bersama-sama secara partisipatif dengan pemerintah desa. (red) 

Berita Terkait:  Hj Rohmi : Mari Didik Anak Kita Miliki Pondasi Kuat!