Beranda PENDIDIKAN Sumbawa Masih Terapkan Sistem Home Learning

Sumbawa Masih Terapkan Sistem Home Learning

BERBAGI

NUSRAMEDIA.COM, SUMBAWA — Proses Belajar Mengajar (PBM) tahun pelajaran baru 2020/2021 akan kembali aktif 13 Juli mendatang. Meskipun kondisi covid-19 di Kabupaten Sumbawa sudah semakin membaik, namun Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) setempat tidak langsung menyerukan pembelajaran secara tatap muka atau normal seperti biasa. Melainkan masih tetap menggunakan sistem belajar dari rumah (Home Learning).

Hal ini harus dilakukan Dinas Dikbud Sumbawa sebagai langkah antisipasi penyebaran covid-19 di Sumbawa, khususnya terhadap para siswa. Pasalnya, selama liburan sekolah dikhawatirkan para siswa ini menjadi pelaku perjalanan ke luar daerah berstatus zona merah. “Mulai masuk sekolah tahun pelajaran baru itu mulai 13 Juli 2020,” kata Kepala Dinas Dikbud Sumbawa, H. Sahril M.Pd kepada wartawan, Selasa (7/7).

Berita Terkait:  Lantaran Status WA, Aparat Dua Desa Gedor SMK di Lobar

Ditegaskannya, dengan berbagai pertimbangan, untuk sementara proses belajar masih harus dilakukan dari rumah. Namun bagi siswa kelas 1 Sekolah Dasar (SD) dan Kelas 7 Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang memiliki kegiatan perkenalan sekolah diperbolehkan untuk dilakukan. Tentunya pihak sekolah dan siswa tetap mengikuti protokol kesehatan covid-19.

“Dengan segala pertimbangan baik teknis maupun non teknis, untuk kelas 8 dan 9 di SMP dan kelas 2 sampai 6 di SD itu kita lanjut dari BDR (Belajar Dari Rumah) mulai 13 sampai dengan 29 Juli. Kalau kelas 7 SMP dan 1 SD dibolehkan untuk perkenalan sekolah. Tapi kita tekankan jika tidak memungkinkan lebih baik MOS (Masa Orientasi Siswa) dari rumah saja. MOS yang langsung di sekolah itu juga akan diatur dengan standar protokol,” demikian Sahril. (red) 

Berita Terkait:  UTS Berhasil Produksi Cold Storage, Zul : Ini Langkah Menggembirakan