Beranda PENDIDIKAN Sukses yaa..! SMAN 4 Sumbawa Ikuti Olimpiade Bahasa Jerman Tingkat Provinsi

Sukses yaa..! SMAN 4 Sumbawa Ikuti Olimpiade Bahasa Jerman Tingkat Provinsi

BERBAGI
Tiga siswa asal SMA Negeri 4 Sumbawa kini mengikuti Olimpiade Bahasa Jerman Tingkat Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB). Mereka adalah Adriana Nurmuharima, Eka Setyawati dan Uswatun Hasanah. Turut pula mendampingi, Guru Pembina Bahasa Jerman SMAN 4 Sumbawa Besar, B. Kurniati Ningsih, S.Pd.

NUSRAMEDIA.COM, MATARAM – Tiga siswa asal SMA Negeri 4 Sumbawa kini mengikuti Olimpiade Bahasa Jerman Tingkat Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB). Mereka adalah Adriana Nurmuharima, Eka Setyawati dan Uswatun Hasanah.

Sempat ditemui disela-sela kegiatan, Guru Pembina Bahasa Jerman SMAN 4 Sumbawa Besar, B. Kurniati Ningsih, S.Pd nampaknya begitu berharap, dimana anak didiknya dapat sukses dan meraih hasil terbaik pada ajang ini.

Sebab, kurun waktu satu tahun untuk belajar bukanlah perkara mudah. Diharapkan pula pengalaman demi pengalaman dapat bertambah serta terus mengasah diri untuk lebih baik.

Berita Terkait:  Kunjungi PMI Dea Malela, Wapres JK : Indonesia Jadi Contoh Pendidikan Islam Dunia

Ia juga meyakini bahwa segala sesuatu (upaya) tidak akan ada yang sia-sia jika dikerjakan dengan sunggguh-sungguh sambil berdo’a.

“Tentu kami sangat berharap bisa menghasilkan capaian yang terbaik,” ujar B. Kurniati Ningsih kepada www.nusramedia.com, secara singkat pada Jum’at 23 November 2018 di Mataram.

Sekedar informasi, Olimpiade bahasa Jerman merupakan agenda rutin tahunan MGMP Bahasa Jerman sejak tahun 2008 kembali digelar. Tahun ini, SMAN 5 Mataram bertindak sebagai tuan rumah untuk Olimpiade Bahasa Jerman Tingkat Provinsi 2018 yang dilaksanakan di Aula SMAN 5 Mataram pada hari Jum’at (23/11).

Berita Terkait:  Diluar Ekspektasi, Dikbud Apresiasi Sekolah Penerima Bantah!

Kegiatan ini sudah pada tahap babak seleksi Tingkat Provinsi yang diikuti oleh 54 siswa dari 11 sekolah di Provinsi NTB. Acara yang rutin diadakan tiap tahun juga dihadiri oleh guru-guru bahasa jerman yang juga pendamping pendamping peserta.

Dari 2 (dua) pemenang terbaik pada seleksi tingkat provinsi ini selanjutnya akan dikirim untuk mengikuti tahap selanjutnya yaitu seleksi nasional di Jakarta pada bulan Januari 2019. Pada tahapan seleksi nasional di Jakarta peserta dari masing-masing provinsi akan bersaing dari seluruh peserta se-Indonesia.

Enam pemenang terbaik pada seleksi nasional akan mendapatkan hadiah Tiket Perjalanan ke Jerman. Selama di Jerman ke Enam Pemenang akan diajak jalan-jalan ke beberapa kota di Jerman untuk diperkenalkan tentang seni dan budaya jerman.

Berita Terkait:  MTQ XXVIII, Hanya “Desa Kidang” Belum Mengirimkan Peserta

Namun, untuk mendapatkan tiket ke Jerman, semua peserta olimpiade Bahasa Jerman harus memperoleh skor tertinggi dalam Ujian Bahasa Jerman Standar internasional  level kebahasaan A2.

Sementara soal ujian sendiri dibuat langsung oleh Goethe Insttitut, yaitu lembaga resmi pusat kebudayaan Jerman di Jakarta. Materi ujian berupa mendengarkan, membaca, dan menulis serta diuji oleh penguji independence ‘Novy German Course’. (NM1)