Beranda PENDIDIKAN Siswi SMA IT Samawa Cendekia Juara I Lomba Ceramah Ramadhan se-NTB

Siswi SMA IT Samawa Cendekia Juara I Lomba Ceramah Ramadhan se-NTB

BERBAGI
Arsyadila Shopia Fidduha - Siswi SMA IT Samawa Cendekia.

SUMBAWA — Berbagai prestasi terus diukir oleh Arsyadila Shopia Fidduha. Ia adalah siswi SMA Islam Terpadu (IT) Samawa Cendekia. Setelah berhasil meraih berbagai prestasi ditingkat regional, nasional bahkan internasional sekalipun, kini ia berhasil menyabet prestasi yang membanggakan.

Arsyadila Shopia Fidduha beberapa waktu lalu saat menerima penghargaan secara langsung dari Kepala Dinas Dikbud NTB, H Aidy Furqan atas keberhasilan Juara II Lomba KTI Mectea Brazil meraih medali perak.

Yakni berhasil keluar sebagai Juara I pada Lomba Ceramah Ramadhan se-NTB yang dilaksanakan oleh Universitas Pendidikan Mandalika (Undikma). Diketahui Arsyadila Shopia Fidduha adalah putri dari pasangan suami istri atas nama Sambirang Ahmadi (Ketua Komisi III DPRD NTB) dan Aryanti Dwiyani (Kepala UPTD Balai Kemasan Dinas Perindustrian NTB).

Posisi yang diraih oleh siswi cantik asal Sumbawa itu tidaklah mudah. Pasalnya, Arsyadila Shopia Fidduha harus bersaing dengan banyak peserta siswa/siswi SMA/MA/SMK yang ada di Provinsi Nusa Tenggara Barat. Tepat pada Senin 3 Mei 2021, pihak panitia Festival Edukasi Lomba Ceramah Ramadhan mengumumkan para juara.

Berita Terkait:  Belajar Dari Rumah Berlanjut Hingga Akhir Agustus

Pengumunan para juara ini dilakukan via zoom cloud meeting dan juga dapat diakses melalui chanel youtube Berita Undikma. Tercatat ada enam (6) pemenang lomba ini. Sebagaimana diungkapkan Ketua Panitia kegiatan yakni Ismail Marzuki, untuk tiga besar berhasil diraih oleh Arsyadila Sophia Fidduha-SMA IT Samawa Cendekia sebagai Juara I.

Kemudian untuk Juara II, sebut Ismail Marzuki, yaitu atas nama Leny Sidqo Alawiyah-SMAN 1 Selong. Selanjutnya diikuti oleh Lalu Ahmad Albani Atsauri asal sekolah MAN 1 Lombok Timur harus puas diposisi ketiga/Juara III. Adapun Juara IV atas nama Nurul Azzahra Ficharun Nisa-MA Muallimat NW Pancor. Iwan Hardianto-SMKN 1 Praya Juara V dan Yusron Abdi-MA Annajah Ponpes Alhalimy Sesela Lombok Barat Juara VI.

Berita Terkait:  Gelar Teater “Lajendre”, Bang Zul : Lonto Engal Menghibur dan Memperkaya Suasana Batin Kita

Berdasarkan kacamata pihak panitia, kata Ismail Marzuki, semua peserta sangat berkualitas baik dalam membuat video maupun substansinya. Sehingga, nilai para juara berbeda tipis. “Juri membutuhkan waktu lama untuk menonton setiap video dan mereka sangat selektif menentukan juara, karena pesertanya bagus semua. Pemenang mendapatkan uang pembinaan, sertifikat dan buku tabungan emas pegadaian,” demikian.

Sebelumnya, H Kusno-Rektor Undikma mengucapkan terimakasih kepada semua sekolah dan peserta yang telah menyukseskan sekaligus mengikuti kegiatan tersebut. Tak lupa juga, ia menyampaikan permohonan maaf manakala ada hal-hal yang kurang berkenan.

Rektor Undikma juga menegaskan, bahwa kegiatan serupa akan menjadi agenda rutin untuk diselenggarakan kembali ditahun-tahun berikutnya. “Kami akan upayakan untuk melakukan lomba seperti ini setiap tahun di bulan Ramadhan,” pungkasnya.

Berita Terkait:  Sembilan Gedung Baru UIN Mataram Diresmikan

Terpisah, Kasi Peserta Didik SMA Dinas Dikbud NTB-Agus Siswoaji mengaku cukup bangga atas pencapaian prestasi siswa/siswi di NTB, terutama SMA. Menurut dia, meski ditengah pandemi COVID19, nampaknya bukan menjadi penghalang untuk anak-anak meraih prestasi.

Oleh karenanya, ia berharap kepada peserta didik untuk terus memacu diri dalam meraih segudang prestasi. “Jadikan apa yang sudah diraih itu sebagai motivasi, dan jangan cepat puas, terus pacu diri kita untuk bisa lebih baik lagi kedepannya,” kata Kasi Pesdik.

Tak lupa juga, secara khusus Agus Siswoaji mengucapkan selamat atas keberhasilan SMA IT Samawa Cendekia melalui siswinya. “Mari tetap berprestasi ditengah pandemi dengan tetap mengutamakan prokes (protokol kesehatan),” ajaknya. (red)