Beranda ADVERTORIAL Simulasi UNBK Tahap II, Tekankan Pada Kesiapan Penyelenggara

Simulasi UNBK Tahap II, Tekankan Pada Kesiapan Penyelenggara

BERBAGI
Kepala Bidang (Kabid) Pembinaan Sekolah Menengah Pertama (SMP) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Sumbawa, Hasbullah.

NUSRAMEDIA.COM, SUMBAWA – Pelaksanaan Ujian Nasional Tahun Pelajaran 2018/2019, khususnya bagi jenjang SMP/MTs tidak lama lagi.

Kepala Seksi (Kasi) Kurikulum dan Penilaian Bidang SMP Dinas Dikbud Kabupaten Sumbawa, Sudarli.

Mempersiapkan segala sesuatunya, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Sumbawa fokus melaksanakan simulasi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).

Simulasi sebagaimana dikatakan Kepala Dinas Dikbud Sumbawa melalui Kabid Pembinaan SMP didampingi Kasi Kurikulum dan Penilaian Dinas Dikbud setempat, Sudarli dilaksanakan sebanyak tiga tahapan.

Untuk tahapan awal telah dilaksanakan Desember 2018 lalu. Sedangkan simulasi tahap kedua kata Sudarli, saat ini sedang berlangsung dari tanggal 28 hingga 31 Januari 2019 mendatang.

Berita Terkait:  MTQ XXVIII, Hanya “Desa Kidang” Belum Mengirimkan Peserta

Pada tahap ini, selain mengutamakan uji kemampuan siswa, Sekolah juga diminta lebih memperhatikan kesiapan sebagai penyelenggara ujian tersebut.

Kemudian untuk periode keduanya dilaksanakan tanggal 4 hingga 7 Februari 2019. Adapun mata pelajaran yang diujiankan, meliputi Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris dan IPA.

Ditegaskan, pada simulasi tahap kedua semua sekolah dihimbau untuk tetap mengutamakan pada tujuan simulasi yakni menguji kemampuan siswa pada soal masing-masing mata pelajaran.

Termasuk fokus pada perbaikan infrastuktur, sarana prasarana serta kesiapan siswa untuk bisa menyelesaikan soal dalam format komputer. Ini diharapkan agar UNBK dapat berjalan sukses tanpa adanya kendala.

Berita Terkait:  Dikbud Gelar Workshop Penyusunan Kisi Soal

“Jadi pada tahapan ini, selain mengutamakan menguji kemampuan siswa, sekolah juga diharapkan lebih memperhatikan keseiapan sebagai penyelenggara,” kata pria yang akrab disapa Darli ini.

“Insya Allah akan dilaksanakan gladi bersih di simulasi tahap 3, di bulan tiga nanti sekaligus untuk mempersiapkan ujian nasional,” demikian pria ramah ini menambahkan. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here