Beranda PENDIDIKAN Selamat! Siswa SDN 1 Alas Ukir Prestasi Gemilang di OSN Tingkat Nasional

Selamat! Siswa SDN 1 Alas Ukir Prestasi Gemilang di OSN Tingkat Nasional

BERBAGI

NUSRAMEDIA.COM, SUMBAWA — Prestasi yang cukup membanggakan diukir oleh Muhammad Fadhlurrahman siswa SDN 1 Alas, Kecamatan Alas.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Sumbawa, H Sahril dan Kepala Bidang Pembinaan SD Dinas Dikbud setempat, Junaidi. (Foto Desain : Bobby Maramis)

Pasalnya, ia berhasil mengharumkan nama daerah NTB umumnya, Kabupaten Sumbawa khususnya di tingkat Nasional.

Muhammad Fadhlurrahman berhasil mengukir prestasi gemilang yaitu meraih medali perunggu pada ajang Olimpiade Sains Nasional (OSN) tingkat Nasional Mata Pelajaran (Mapel) Matematika.

Kegiatan yang dimulai dari tanggal 30 Juni hingga 6 Juli 2019 itu berlangsung tepatnya di Yogyakarta.

Atas capaian yang diraih siswa SDN 1 Alas tersebut mendapat apresiasi dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Sumbawa.

Kepala Dinas Dikbud setempat, H Sahril mengaku cukup bangga atas apa yang diraih oleh Muhammad Fadhlurrahman.

Prestasi ini kata dia, juga sebagai bukti bahwa anak-anak SD di Kabupaten SumbWa mampu bersaing sejajar dengan siswa lainnya di Indonesia.

Selain itu pula, menurut Sahril ini menunjukkan seluruh sistem yang ada telah berjalan secara efektif, mulai dari sekolah hingga tata kelola di tingkat Dinas Dikbud.

Berita Terkait:  Sekwil PKB NTB Motivasi Mahasiswa STIKES Yahya Bima

“Prestasi seperti ini dapat terjadi manakala sekolah mampu untuk menggerakkan seluruh sumber daya yang ada terutama para guru dan dukungan masyarakat terutama orang tua,” tuturnya.

“Prestasi seperti ini tidak akan datang dengan mudah, tetapi butuh sistem yang baik di sekolah, leadership yang efektif, konsistensi pembinaan dari guru pembina dan juga peran peran yang dilakukan oleh masyarakat khususnya orang tua siswa,” imbuh mantan Kepala DPMPTSP Sumbawa ini.

Hendaknya lanjut Sahril, ini dijadikan best practice bagi sekolah lainnya jika ingin mengukir prestasi di level Nasional.

Menurutnya, kemampuan utama yang harus dimiliki oleh guru dalam mempersiapkan kompetisi seperti ini adalah deteksi dini potensi siswa sejak kelas rendah.

Sehingga dapat dilakukan pembinaan berkelanjutan. Hal penting masih kata Sahril, lainnya yang ikut mendukung capaian prestasi seperti ini.

Berita Terkait:  Sambut Adzan dan Shelly, Wagub : Jadilah Ambassador untuk NTB

Terlebih keperpihakan anggaran sekolah yang pro mutu dan punya target kinerja anggaran sekolah yang jelas.

“Kami //Dinas Dikbud Sumbawa// sangat mengapresiasi. Dan kami harap agar perolehan ini dapat dijadikan motivasi bagi anak-anak lainnya di masa yang akan datang,” ucap Sahril.

“Begitu juga kepada guru pembina atas kerja kerasnya sehingga mampu menempatkan siswa binaan meraih prestasi bergengsi di tingkat Nasional. Khusus kepada orang tua, tentunya prestasi ini adalah buah dari bimbingan dan perhatian serius dalam mendidik anak di rumah, dan juga memberi support dan doa untuk keberhasilan ini,” tambahnya lagi.

Sementara itu, Kepala Bidang Pembinaan SD Dinas Dikbud Kabupaten Sumbawa, Junaidi menyampaikan bahwa Kabupaten Sumbawa telah 3 kali meraih medali perunggu tingkat nasional.

Yakni tepanya pada gelaran OSN IPA Tahun 2012 dan Matematika Tahun 2015 lalu. Sedangkan ditahun ini, kembali meraih perunggu mata pelajaran matematika.

Berita Terkait:  Fauzan Soroti Mindset Pembangunan di UMY

“Raihan ini tentunya akan dijadikan pijakan untuk tahun akan datang. Setidaknya dapat mempertahankan prestasi dan tidak menutup kemungkinan akan mencapai prestasi yang lebih baik di tahun tahun mendatang,” kata pria yang akrab disapa Jun ini.

Sebagai upaya tindak lanjut dalam menuai hasil yang maksimal, pihaknya berencan akan melakukan evaluasi. Terutama pola pembinaan OSN.

“Dalam waktu dekat, akan dilakukan evaluasi pola pembinaan OSN agar ditemukan pola efektif dalam pembinaan sesi eksperimen untuk IPA dan eksplorasi mata pelajaran Matematika,” demikian Junaidi.

Sekedar informasi, selain M Fadhlurrahman. Adapula dua siswa SD NTB lainnya yang berhasil medali perunggu dan perak.

Mereka adalah, Chelsea Elianore Jolene, SDK Aletheia Ampenan Kota Mataram, Medali Perunggu Bidang Matematika.

Kemudian atas nama Jovan Nathaniel Permana, SDK Tunas Daud Kota Mataram, Medali Perak Bidang IPA. (NM1)