Beranda PENDIDIKAN SDN Sela Gelar Simulasi Evakuasi Bencana

SDN Sela Gelar Simulasi Evakuasi Bencana

BERBAGI
Keterangan Foto : nampak pada saat giat simulasi evakuasi bencana di SDN Sela Kecamatan Moyo Hulu. (Foto : Dokumentasi JN-NM)

NUSRAMEDIA.COM, SUMBAWA – Dalam rangka Hari Kesiapsiagaan Bencana yang jatuh tepat pada tanggal 26 April 2019, SDN Sela Kecamatan Moyo Hulu menggelar simulasi evakuasi bencana.

Kegiatan ini juga melibatkan sutradara Film Joki Kecil yang juga pemilik Studio Kronik Sumbawa yakni Anton. Proses simulasi dilakukan secara bertahap dengan lebih dulu diawali pengarahan oleh sutradara kepada para guru dan siswa.

Nampak seluruh warga sekolah terlibat aktif dikesempatan itu. Tak ketinggalan juga antuasias masyarakat sekitar yang juga turut menyaksikan selama giat simulasi berlangsung.

Inisiator Simulasi Niki Ite Adekayanti, S.Pd yang merupakan CPNS tahun 2019 mengatakan bahwa pihaknya lebih dulu telah menyampaikan kepada pihak sekolah terkait giat ini.

Melalui momen ini pula, juga dimaksud untuk di dokumentasikan sehingga dapat bermanfaat, terlebih untuk kepentingan sekolah jika dibutuhkan dan lainnya kedepan.

Berita Terkait:  Tahun Ini, 1007 Warga Belajar Siap Ikuti Ujian Paket

Tak lupa, Niki juga berterimakasih kepada Crew Kronik Sumbawa atas dukungan dan partisipasi demi keberlangsungan proses dokumentasi pada kegiatan simulasi tersebut.

“Terimakasih kepada Crew Kronik Sumbawa dan mudah-mudahan dokumentasi ini bermanfaat untuk kepentingan sekolah kedepan dan pihak pihak lain yang membutuhkan,” ucapnya.

Masih dikesempatan yang sama, Kepala SDN Sela Mustafa, S.Pd menyatakan bahwa giat simulasi ini sangat penting untuk dilaksanakan.

Selain untuk kesiapsiagaan kata dia, juga sangat penting sebagai edukasi warga sekolah, sehingga memiliki pengetahuan ketika ada bencana yang terjadi.

“Penting sebagai edukasi juga. Untuk itu, kami pihak sekolah mengucapkan terimakasih atas dukungan dan kerjasama dari semua pihak sehingga semua proses kegiatan ini berjalan sesuai harapan,” demikian Mustafa menambahkan.

Berita Terkait:  Lima Siswa SMA/SMK Hamzar Keliling Nusantara 

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Sumbawa melalui Kepala Bidang Pembinaan SD Dinas Dikbud setempat, Junaidi memberikan apresiasi kepada semua pihak yang terlibat menyukseskan kegiatan tersebut.

Dijelaskan Jun – akrabnya pria ini disapa, bahwa simulasi ini merupakan tindak lanjut dari Surat Edaran (SE) Kemendikbud RI Nomor : 4411/D/HM tentang pelaksanaan simulasi evakuasi bencana secara serentak yang diterima pihak Dikbud Sumbawa sebelumnya.

Kemudian SE tersebut sambungnya, disampaikan kembali ke seluruh sekolah yang ada di lingkup Kabupaten Sumbawa untuk dapat menindak lanjuti apa yang menjadi tujuan dari pada SE Kemendikbud RI ini. “Kegiatan ini dilangsungkan serempak Se-Indonesia sesuai dari SE tersebut,” kata Jun.

Berita Terkait:  Masuk Nominasi Nasional, TPUKS Pusat Verifikasi Ulang SDN Sering

“Ada beberapa sekolah yang sempat kami pantau termasuk SDN Sela dan SDN Sering di Kecamatan Unter Iwes. Alhamdulillah, semuanya berjalan baik sesuai harapan bersama,” tambahnya lagi.

Terkait hal ini, Dinas Dikbud Kabupaten Sumbawa memberikan apresiasi kepada semua pihak. Terlebih pihaknya sendiri sangat mendukung dan menyambut positif dari giat simulasi ini.

Sebab, warga sekolah, terutama kalangan siswa sejak dini sudah diberikan edukasi tentang kebencanaan. Dengan begitu dinilainya, tentu akan berdampak postif pula khususnya bagi warga sekolah.

“Luar biasa (Peran Dukungan Kerjasama Semua Pihak). Intinya kami menyambut positif. Karena anak anak sejak dini sudah diberi edukasi bencana, setidaknya memiliki sikap tanggap dalam menghadapi kondisi kedaruratan,” demikian Junaidi. (NM1)