PENDIDIKAN

Pentingnya Peran Orang Tua Mendidik Anak Dimasa Pandemi

BELAJAR DARI RUMAH

NUSRAMEDIA.COM, MATARAM — Ketua TP-PKK Provinsi NTB Hj Niken Saptarini Widyawati Zulkieflimansyah mengapresiasi kegiatan Pojok Ekspresi yang berlangsung di Halaman Kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi NTB, Jum’at 2 Oktober 2020.

Pojok Ekspresi adalah ruang kreativitas dan inovasi bagi sekolah dalam bidang pendidikan dan kebudayaan yang diinisiasi oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi NTB.

Hal ini dalam rangka melestarikan permainan tradisional guna mengundang ketertarikan masyarakat untuk menyaksikan permainan tersebut.

Hj Niken pada kesempatan itu menjadi narasumber membahas “Peran Keluarga dalam Mendidik di Masa Pandemi Covid-19”. Menurutnya, peran orang tua sangat penting dalam mendidik anak di masa pandemi terutama dalam menyediakan fasilitas dan menjamin lingkungan agar dapat mendukung anak belajar dari rumah.

“Peran orang tua sangat besar untuk membimbing anak-anaknya ketika belajar di rumah, dengan belajar di rumah bukan berarti putus belajar, melainkan semangat belajar,” jelas Hj. Niken yang kerap disapa Bunda Niken tersebut.

Bunda Niken juga mendorong guru dan siswa untuk memanfaatkan masa pandemi ini sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas diri dan terus bersemangat.

“Artinya kita diberikan kesempatan untuk menjadi orang-orang yang terus meningkatakan kualitas dirinya dengan belajar,” jelas Bunda Niken.

Di akhir kegiatan, Bunda Niken berharap beberapa sekolah yang dijadikan sekolah percobaan, dibuka di masa pandemi ini untuk tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19.

“Mudah-mudahan dilakukan terus dengan lancar, teman-teman di berbagai daerah semoga sekolah percobaannya bisa lancar,” tutup Bunda Niken.

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi NTB Dr. H. Aidy Furqon mengaku terpukau dan terpaku dengan seni kreasi tradisional yang ditampilkan oleh SMA Negeri 7 Mataram dan SMK Negeri 1 Batu Kliang yang turut memeriahkan Pojok Ekspresi.

“Kami yakin, ini adalah salah satu langkah kita meningkatkan indeks kebudayaan yang juga merupakan tanggung jawab dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan,” tuturnya dengan penuh semangat. (red)