Beranda PENDIDIKAN Launching Diklat Berjenjang, Bupati Sumbawa Bersyukur Pelaksanaan PAUD Tunjukan Progres Baik

Launching Diklat Berjenjang, Bupati Sumbawa Bersyukur Pelaksanaan PAUD Tunjukan Progres Baik

BERBAGI

NUSRAMEDIA.COM, SUMBAWA — Bupati Sumbawa H.M. Husni Djibril B.Sc membuka kegiatan launching dan sosialisasi pelaksanaan Diklat berjenjang bagi pendidik PAUD melalui E Training, pada Senin (24/2) di Aula Madilaoe ADT lantai III Kantor Bupati setempat.

Kegiatan yang merupakan kerjasama antara Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Sumbawa dengan BP-PAUD dan Dikmas Provinsi NTB dihadiri olehBunda PAUD Kabupaten Sumbawa, Kepala Balai Pengembangan PAUD dan Pendidikan Masyarakat Provinsi NTB, Para Kepala Perangkat Daerah Lingkup Pemerintah Kabupaten Sumbawa dan para peserta Diklat.

Bupati Sumbawa dalam sambutannya menyampaikan,proses pembangunan pendidikan sejatinya adalah untuk membangun manusiaIndonesia seutuhnya sebagai subyek yang bermutu. Yaitu dengan mengembangkan seluruh potensi manusia melalui keseimbangan olah hati, olah pikir, olah rasa dan olah raga.Sehingga langkah kedepan menjadi bagian penting yang menentukan perkembangan pendidikan.

Selain itu, UUD 1945 juga secara tegas menyebutkan bahwa setiap warga negara berhak mendapatkan pendidikan. Sejalan dengan itu, Pemkab Sumbawa terus bertekad memberikan perhatian yang besar pada pembangunan pendidikan, mengingat pendidikan mempunyai peranan strategis dalam pembangunan bangsa serta memberikan kontribusi yang signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi dan transformasi sosial.

Berita Terkait:  Tahun Ini, Dikbud Usulkan 100 Lembaga Pendidikan Diakreditasi

“Kita patut bersyukur bahwa pelaksanaan Pendidikan AnakUsia Dini (PAUD) di KabupatenSumbawa telah menunjukkan progres yang cukup baik dari waktu ke waktu. Terbukti dengan berbagai raihan prestasi baik di tingkat regional maupun nasional.

Pencapaian ini tentu sangat membanggakan bagi kita masyarakat KabupatenSumbawa dan kita berharap semoga apa yang telah kita capai tersebut dapat terus menjadi pendorong meningkatnya mutuPendidikan Anak Usia Dini diKabupaten Sumbawa tercinta,” ujar Bupati

Bupati berharap kepada seluruh guru agar mampu menjalankan tugas dengan baik untuk mendidik anak-anak menjadi generasi penerus yang mandiri dan berdaya saing.

“Kepada para narasumber,seluruh panitia, sertapenghargaan dan terima kasih atas ikhtiar mempersiapkan tenaga pendidik anak usia dini dengan maksimal. Karena pendidikan anak usia dini ini ibarat pondasi yang harus dibangun dengan kuat, agar kelak mampu mengahadapi tantangan generasi anak cucu kita yang lebih ketat persaingannya,” jelas Bupati

Berita Terkait:  Perhatian Pemerintah Saat dan Pasca Kebakaran di Desa Batu Rotok

Sementara Bunda Paud Kabupaten Sumbawa, Hj Amien Rahmani Husni Djibril megatakan, penyelenggaraanPAUD khususnya di Kabupaten Sumbawa secara kualitas masih perlu pembenahan.

Salah satu hal pokok yang perlu mendapat perhatian adalah bahwa rasio jumlah peserta didik dibanding pendidik belum menunjukkan angka yang ideal.

“Fakta di daerah kita menunjukkan bahwa rasio jumlah peserta didik dengan pendidik pada sebagian besar penyelenggaraan pendidikan anak usia dini, belum berada pada angka yang ideal, sebab jumlah peserta didik jauh lebih banyak, tidak sebanding dengan jumlah pendidik/tenaga kependidikannya,” ungkapnya.

Untuk itu, ia berharap dengan adanya kegiatan Diklat berjenjang dengan sistem E-Training ini dapat memberikan suntikan wawasan bagi para guru dan tenaga kependidikan untuk terus berikhtiar memenuhi PAUD seutuhnya.

Berita Terkait:  Tiongkok Tawarkan Beasiswa bagi 1000 Mahasiswa NTB

Sekaligus membangun iklim yang menyenangkan, mengasyikkan, mencerdaskan dan menguatkan di lingkungan pendidikan anak usia dini di daerah yang kita cintai ini.

Sebelumnya, dalam laporan Kepala Dikbud Kabupaten Sumbawa yang disampaikan oleh Kabid Pembinaan dan Ketenagaan, M. Ali HK, S.Pd, M.Pd menjelaskan, tujuan diadakan kegiatan ini adalah untuk menambah pengetahuan dan wawasan serta betul – betul diharapkan menjadi pendidik yang menjunjung hak asasi manusia, menjunjung nilai keagamaan serta menjunjung nilai kultur dan kode etik profesi.

“Pelaksanaan Diklat tahun ini sesuai dengan hasil orientasi teknis para fasilitator daerah bersama dengan balai pengembangan PAUD dan Dikmas Provinsi NTB dan mendiklat sebanyak 150 orang guru dan tenaga kependidikan,” tukasnya. (red)