Beranda PENDIDIKAN Kemenag RI Terbitkan SK Penegerian MTsN 4 Sumbawa

Kemenag RI Terbitkan SK Penegerian MTsN 4 Sumbawa

BERBAGI

“Pelantikan Kepala Madrasah Tinggal Tunggu SK Kanwil”

NUSRAMEDIA.COM, SUMBAWA — Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri di Kabupaten Sumbawa, bertambah satu lagi.

Menyusul telah diterbitkannya SK oleh Kementerian Agama (Kemenag) RI, terhadap MTs Negeri 4 Sumbawa.

“Alhamdulillah, SK penegeriannya sudah kita terima. MTsN 4 Sumbawa ini, lokasinya di Desa Sejari Kecamatan Plampang,” ungkap Kepala Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Sumbawa, H Ahmad Taufik.

Dengan penegerian ini berarti MTsN di Sumbawa, sekarang sudah ada empat. Untuk sementara ini aktifitas Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) di MTsN 4 Sumbawa, masih menumpang di MTs Negeri 3 Sumbawa, di Kecamatan Empang.

Berita Terkait:  Khusus “Gepeng” ke Dinsos! Bolos Sekolah, Puluhan Pelajar di Sumbawa Diamankan Sat Pol-PP

Baik murid, lahan maupun gedung sudah tersedia, dan kini tinggal di tempati saja. “Sekarang kita tinggal menempatkan personil dan pengukuhan kepala madrasahnya saja,” ujarnya.

Berapa orang calon kepala madrasah yang diusulkan Dea Guru H Ahmad Taufik, sapaan akrabnya, enggan untuk menyebutkannya. Yang pasti kata dia, usulan ini (calon kepala madrasah) sudah disampaikan ke Kanwil Kemenag NTB.

Mereka yang diusulkan ini tentunya sudah memenuhi beberapa persyaratan. Diantaranya pernah mengikut seleksi Calon Kepala Madrasah (Cakep), sudah bersertifkasi dan minimal pangkatnya golongan III c.

Berita Terkait:  Kenalkan K-13, Dikbud Gelar Pelatihan bagi Pengelola PKBM dan Tutor Paket B dan C

“Kapan pengukuhan kepala madrasahnya, itu tergantung SK dari Kanwil Kemenag NTB. Kalau kita sih pengen secepatnya, apalagi sekarang mau persiapan Ujian Nasional (UN),” tandasnya.

Lebih lanjut Dea Guru H Ahmad Taufik menegaskan, dari segi potensi sebetulnya masih banyak MTs swasta yang bisa dinegerikan, seperti MTs Abu Bakar, MTs Al Mutmainnah dan MTs Darul Muttaqin. Begitu juga Madrasah Aliyahnya.

Namun, yang menjadi kendala adalah sebagian besar madrasah ini berada di bawah naungan yayasan. Kemenag Sumbawa sendiri tetap membuka pintu selebar-lebarnya jika ada madrasah yang ingin mengusulkan penegerian.

Berita Terkait:  Duh, SMK Penyumbang Pengangguran Terbesar di NTB!

Tapi tentunya sepanjang memenuhi persyaratan yakni, memiliki lahan, bangunan dan sertifikat yang dihibahkan ke Kemenag.

“Kita sih siap saya kalau ada madrasah yang ingin dinegerikan. Makin banyak madrasah negeri di Sumbawa, itu lebih bagus lagi. Cuman itu tadi, syaratnya harus dipenuhi dulu,” pungkasnya. (NM6)