Beranda PENDIDIKAN Hangatnya Kebersamaan dan Canda Tawa Warnai “Kemenkeu Mengajar” di SDN 3 Sumbawa

Hangatnya Kebersamaan dan Canda Tawa Warnai “Kemenkeu Mengajar” di SDN 3 Sumbawa

BERBAGI

NUSRAMEDIA.COM, SUMBAWA – Kementerian Keuangan Republik Indonesia (Kemenkeu RI) memiliki sebuah program besar yakni ‘Kemenkeu Mengajar’. Sebagai tanggung jawab sosial Kemenkeu RI sendiri sekaligus dalam rangka memperingati hari Oeang ke-74, kini mereka hadir dan menyambangi SDN 03 Sumbawa Besar, Rabu, (4/9) tadi.

Nampak hadir dikesempatan itu, Kepala Bidang (Kabid) Pembinaan SD Dinas Dikbud Kabupaten Sumbawa, Perwakilan Bank Mandiri, Camat Sumbawa, Kepala UPT Pendidikan Kecamatan Sumbawa. Adapun, Lurah Bugis, para Kepala SD dalam Wilayah Kecamatan Sumbawa, Ketua Komite SDN 03 Sumbawa Besar, para tokoh masyarakat Marilonga, generasi muda, dan tim dari Kemenkeu Mengajar.

Kegiatan Kemenkeu Mengajar diawali dengan prosesi penyambutan tarian flores oleh para pemuda yang tergabung dalam Karang Taruna Marilonga. Selanjutnya menuju SDN 3 Sumbawa diiringi Warga Marilonga dengan menggunakan Pakaian Adat Flores.

Kepala SDN 03 Sumbawa Besar Ahmadi Yani, S.Pd.,S.Ap menyampaikan apresiasi dan penghargaan atas partisipasi masyarakat yang telah membantu persiapan hingga terlaksananya kegiatan. Tak lupa juga, ia menyampaikan terimakasih atas kesedian dari Tim Kemenkeu Mengajar di SDN 3 Sumbawa Besar.

Berita Terkait:  Sumbawa Ditetapkan Sebagai Role Model Pengembangan PAUD di Indonesia

“Terimakasih atas kesediaannya melaksanakan kegiatan di sekolah kami. Semoga dengan kegiatan ini menjadi awal kebangkitan dalam membenahi sekolah,” ucapnya. “Begitu juga kepada pihak Bank Mandiri, kami mengucapkan terimakasih atas pemberian sumbangan alat tulis bagi para siswa di SDN 3 Sumbawa Besar,” imbuh Ahmad Yani.

Sementara itu, Ketua tim Kemenkeu Mengajar, Yacob Yahya yang juga Kepala Sub Bagian Umum dan Kepatuhan Internal KPP Pratama Sumbawa Besar memuji antusiasme masyarakat dalam kegiatan ini. Dikatakannya, bahwa pada tanggal 3 November 2019 mendatang para pejabat struktural dari Kementerian Keuangan RI akan ikut menjadi relawan dan akan berkunjung ke SDN 03 Sumbawa Besar.

Sementara itu, Kabid Pembinaan SD Dikbud Sumbawa, Junaidi, S.Pd., M.Pd, juga menyatakan hal senada dengan kepala SDN 3 Sumbawa. Ia mengaku bahwa program dari Kemenkeu RI hal yang sangat positif, terutama dalam memberikan wawasan dan motivasi kepada anak-anak.

Berita Terkait:  Disdikbud Sumbawa Bakal Sosialisasikan Aplikasi RKAS

Kendati demikian kata pria yang akrab disapa Jun ini, Dinas Dikbud Sumbawa akan terus melakukan pendampingan terhadap SDN 3 Sumbawa Besar. Menurutnya, kegiatan itu juga dapat menjadi awal serangkaian inovasi pembelajaran di sekolah tersebut.

“Kedepannya kita dorong untuk menjadi (SDN 3 Sumbawa) sekolah maju sejajar dengan sekolah lainnya. Fakta selama ini minat masyarakat untuk menyekolahkan anaknya di SDN 3 sangat rendah, dengan berbagai inovasi yang ditawarkan kami yakin akan merubah mindset (pola pikr) masyarakat,” demikian Junaidi.

Untuk diketahui, Kemenkeu Mengajar adalah sebuah kegiatan mengajar selama satu hari di Sekolah Dasar. Dimana mereka focus mengajarkan bagaimana peran Kementerian Keuangan dalam upaya menjaga ekonomi negeri dan memperkenalkan profesi yang ada di Kementerian Keuangan. Tim Relawan Kemenkeu juga mengajarkan nilai-nilai dan semangat yang ada dibawa oleh Kementerian Keuangan.

Berita Terkait:  MTQ XXVIII NTB 2019, Sekda Lepas Kontingen KLU

Adapun tujuan dari program besar yang digagas oleh Kemenkeu RI ini, yaitu pertama, mengenalkan peranan kemenkeu pada anak-anak, mengaktivasi semangat kerelawanan di lingkungan birokrasi. Selanjutnya membangun citra baik institusi, menjaga stabilitas work-life balance dan memberikan motivasi untuk berkontribusi kepada negeri.

Nampak dikesempatan itu pula, tim relawan kemenkeu mengajar begitu menikmati momen ini. Terlebih senyum dan canda tawa peserta didik menjadi suatu hal yang klop terasa hangat dalam kebersamaan melalui beberapa kegiatan game untuk memotivasi para siswa. Kegiatan hari ini sebagai pembuka yang dikemas dalam bentuk Costume Go To School. Dikesempatan itu pula, perwakilan Bank Mandiri Cabang Sumbawa juga menyerahkan sumbangan berupa alat tulis kepada seluruh siswa SDN 03 Sumbawa Besar. (NM4)