PENDIDIKAN

Dikbud Sumbawa Perpanjang ‘Belajar di Rumah’ hingga 30 Mei

NUSRAMEDIA.COM, SUMBAWA — Belum berakhir masa ‘libur sekolah’ hingga 27 April, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Sumbawa akan kembali memperpanjang home learning (belajar di rumah). Kebijakan yang dikeluarkan keempat kalinya ini harus dilakukan lantaran kondisi wabah non alam Covid-19 belum juga membaik. Sehingga diputuskan ‘belajar di rumah’ diperpanjang hingga 30 Mei 2020 mendatang.

Kadis Dikbud Kabupaten Sumbawa, H. Sahril S.Pd., M.Pd mengatakan, perpanjangan ‘libur sekolah’ ini mengacu pada masih mewabahnya penyebaran Covid 19.

Baca Juga:  Pemda Sumbawa Kucurkan Rp1,8 Miliar

“Ini yang menjadi pertimbangan utama. Karena itu salah satu pencegahannya adalah belajar dari rumah,” ujarnya kepada wartawan, Kamis (23/4).

Ditegaskan Haji Sahril sapaan akrabnya, belajar di rumah tidak semata-mata menargetkan pencapaian kurikulum tuntas, tapi dalam rangka mengedukasi siswa selain dalam proses belajar mengajar, juga mengedukasi mereka dalam upaya pencegahan. Di samping itu mendorong guru untuk berinovasi terkait strategi pendekatan pembelajaran di rumah.

Lebih jauh diungkapkan, Dikbud Sumbawa juga telah bekerjasama dengan Universitas Macung Malang dalam menggelar Diklat Online, yang rencanakan dilaksanakan pada Sabtu, 25 April 2020. Melalui Diklat ini, diharapkan membantu para guru dalam penyusunan model dan alat bantu pembelajaran online (daring) menggunakan aplikasi epmudo maupun luar jaringan (Luring).

Baca Juga:  Pemda Sumbawa Kucurkan Rp1,8 Miliar

“Nanti mereka (para guru) akan dilatih oleh dosen yang kapabel yang menguasai aplikasi itu,” imbuhnya.

Selain itu, untuk hasil evaluasi terhadap proses belajar mengajar selama pandemi Covid-19 ini. Ia salut dengan para guru. Karena salah satu hikmah dari belajar di rumah ini yaitu lahirnya kreatifitas dari guru. (red)