Beranda PENDIDIKAN Bupati Husni : Dunia Pendidikan Penting Kembangkan IPM

Bupati Husni : Dunia Pendidikan Penting Kembangkan IPM

BERBAGI

NUSRAMEDIA.COM, SUMBAWA — Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) NTB bekerjasama dengan Pemkab Sumbawa menggelar Focus Group Discussion (FGD).

Adapun fokusnya yakni terkait Diseminasi Pemetaan Mutu Pendidikan Kabupaten Sumbawa Tahun 2019 di Aula H. Hasan Usman Lantai I Kantor Bupati Sumbawa, Selasa (30/7).

Dalam sambutannya, Bupati Sumbawa melalui Asisten Administrasi Umum Sekda Sumbawa, L Suharmadji Kertawijaya mengatakan, dunia pendidikan sangat penting dan merupakan langkah awal dalam pengembangan IPM di NTB.

Untuk itu, ia berharap FGD ini dapat menghasilkan rekom inti dengan tersedianya data dan informasi tentang pencapaian mutu serta tantangan yang dihadapi Kabupaten Sumbawa.

Berita Terkait:  Humas PTS di NTB Siap Berkolaborasi

Sehingga dapat memberikan masukan bagi Pemda dalam merumuskan kebijakan-kebijakan untuk menentukan arah peningkatan mutu pendidikan.

Selain itu, kepada pihak sekolah diharapkan pula dapat melakukan pemetaan terhadap bakat dan minat siswa sehingga dapat didorong untuk semakin dikembangkan dan ditingkatkan.

Sebelumnya, Kepala LPMP NTB, Minhajul Ngabidin menyebutkan, wajah pendidikan di Kabupaten Sumbawa beberapa tahun terakhir mengalami peningkatan yang signifikan.

Peningkatan itu kata dia diberbagai pencapaian yang telah berhasil diraih. Adapun tujuan kegiatan adalah untuk memberikan data dan informasi tentang pencapaian mutu pendidikan kepada stakeholder pendidikan pada level Kabupaten/Kota.

Berita Terkait:  Sukses yaa..! SMAN 4 Sumbawa Ikuti Olimpiade Bahasa Jerman Tingkat Provinsi

Dimana menyampaikan gambaran dan data peta mutu sekolah berbasis Standar Nasional Pendidikan (SNP) pada masing-masing wilayah kerja, memberikan informasi tentang permasalahan dan upaya peningkatan mutu pendidikan.

Tak hanya itu, juga melakukan kerjasama peningkatan kualitas pembelanjaan anggaran untuk peningkatan mutu di Kabupaten/Kota.

Hasil yang diharapkan secara umum tersedianya data dan informasi tentang pencapaian mutu pendidikan bagi stakeholders pendidikan level Kabupaten/Kota, tersedianya data peta mutu sekolah berbasis SNP pada masing-masing wilayah.

Kemudian tersedianya informasi tentang permasalahan dan upaya peningkatan mutu pendidikan, terumuskannya kebijakan-kebijakan dalam menentukan arah peningkatan mutu pendidikan, dan terciptanya kerjasama dalam peningkatan kualitas pembelanjaan anggaran untuk peningkatan mutu pendidikan.

Berita Terkait:  Ombudsman NTB : Stop Pungli-Pemotongan Dana di Sekolah!

“Output yang diharapkan secara khusus adalah analisis hasil pemetaan mutu, hasil analisis yaitu hasil ujian nasional akreditasi dan uji kompetensi,” pungkasnya. (NM3)