Beranda PENDIDIKAN Apakah Namamu Masuk? Inilah Siswa di Sumbawa Peraih Nilai Tertinggi Tiap Mapel

Apakah Namamu Masuk? Inilah Siswa di Sumbawa Peraih Nilai Tertinggi Tiap Mapel

BERBAGI
Kepala Bidang Pembinaan SD Dinas Dikbud Kabupaten Sumbawa, Junaidi. (Dok : NusraMedia)

NUSRAMEDIA.COM, SUMBAWA – Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USNB) jenjang Sekolah Dasar (SD) usai diumumkan, Rabu 13 Juni 2019.

Termasuk daftar siswa SD peraih nilai tertinggi tiap Mata Pelajaran (Mapel) nya dan sejumlah sekolah peraih nilai rata-rata USBN tertinggi Tahun Ajaran (TA) 2018/2019.

Berdasarkan data yang dihimpun media ini dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Sumbawa, tercatat beberapa siswa dan 10 SD masuk sepuluh besar yang berhasil meraih nilai tertinggi.

Untuk peserta ujian, yakni terdiri dari 8080 siswa SD dan 558 siswa MI. Itu artinya, total keseluruhan peserta yang mengikuti USBN SD/MI seluruhnya sebanyak 8.638 siswa.

Kepala Dinas Dikbud Sumbawa melalui Kepala Bidang Pembinaan SD Dinas Dikbud setempat, Junaidi menyatakan pelaksanaan USBN di Kabupaten Sumbawa secara umum berjalan baik dan lancar.

Berita Terkait:  Peningkatan Kualitas Pendidikan Tanggungjawab Bersama

“Alhamdulillah, secara umum semuanya berjalan baik dan lancar,” ujarnya kepada media ini, Rabu (13/6) di Sumbawa.

Secara statistik klasifikasi perolehan nilai SD lanjut pria yang akrab disapa Jun ini, mengalami peningkatan jika dibanding tahun lalu.

Sebelumnya, perolehan nilai rata-rata SD di tahun 2017/2018 hanya 191,43 sedangkan kini berubah menjadi 195,50 di tahun 2018/2019.

Selain itu masih kata dia, dari sisi sebaran perolehan nillai pada sekolah penyelenggara, di dominasi oleh sekolah yang berada di kecamatan luar kota.

“Jadi memang ada beberapa siswa kita yang berhasil meraih nilai tertinggi masing-masing mapel. Diantaranya pada Mapel Matematika berhasil meraih nilai sempurna. Begitupun 10 sekolah juga tercatat masuk sepuluh besar yang berhasil meraih nilai tertinggi pada USBN kali ini,” tuturnya.

Berita Terkait:  Segini Jumlah Peserta UNBK SMP/MTs di Sumbawa

Siswa itu sebutnya, untuk nilai tertinggi pada Mapel Bahasa Indonesia berhasil diraih atas nama M Naufal asal SDN Tatede dengan jumlah nilai 97,0 dan Al Yannisa Wardhani asal SDIT Samawa Cendekia dengan perolehan nilai 93,0.

Kemudian pada Mapel IPA, yaitu berasal dari SDN 2 Semamung atas nama Lizta Adza Kirana dengan perolehan nilai 96,1.

Diikuti Bennecdict Marvello-SD Diponegoro dan Natasya Cahyani asal SDN 6 Utan sama-sama meraih nilai 93,1. Kemudian David Dwi Rohman asal SDN 2 Moyo dengan nilai 92,1.

Sedangkan pada Mapel Matematika kata Jun, ada dua orang siswa berhasil meraih nilai sempurna (100).

“Dia adalah Lizta Adza Kirana dari SDN 2 Semamung dan Aghitsnaa Thalita dari SDIT Samawa Cendekia dengan perolehan nilai 100 pada Mapel Matematika,” tuturnya.

Berita Terkait:  Imigrasi Sumbawa Bimbing Empat Taruna Poltekim Jakarta

Sementara untuk nama-nama sekolah yang berhasil meraih nilai tertinggi masuk 10 besar pada USBN tahun ini, yaitu pertama SDN Poto-Moyo Hilir dengan perolehan nilai 262,19.

Kedua, SDN Tatebal-Lenangguar, dengan perolehan nilai 258,74. Ketiga SDN Berare-Moyo Hilir, dengan total nilai 252,06. Keempat, SDN 1 Pulau Medang-Labuhan Badas, dengan nilai 249,45 dan kelima, SDN 1 Lenangguar-Lenangguar, dengan nilai 246,93.

Tak hanya itu sambung Jun, diposisi ke enam ada SDN Selante-Plampang dengan nilai 244,89. Ketujuh, SDN Prajak-Moyo Hilir, dengan nilai 243,85. Delapan, SDN Batu Dulang-Batu Lanteh, dengan nilai 241,27.

“Sedangkan SDN Lunyuk Ode (Kecamatan Lunyuk) dengan nilai 239,37 menempati posisi sembilan. Kemudian terakhir di posisi ke sepuluh ada SDN Tatede (Kecamatan Lopok) dengan nilai 236,98,” demikian Junaidi. (NM1)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here