Beranda PENDIDIKAN Administrasi Beres, DAK SMP Tinggal Distransfer

Administrasi Beres, DAK SMP Tinggal Distransfer

BERBAGI

NUSRAMEDIA.COM, SUMBAWA — Dana Alokasi Khusus (DAK) bidang SMP, sebentar lagi sepertinya sudah mulai bisa dikerjakan.

Sebab menurut Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Sumbawa, melalui Kabid Pembinaan SMP, Hasbullah, SPd, saat ini tinggal menunggu proses transfer dana dari Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) ke rekening sekolah penerima.

“Kalau proses administrasinya semuanya sudah beres. Tinggal tunggu dananya ditransfer saja,” ujarnya.

Kapan dana ini ditransfer, Hasbullah, mengakui belum mengetahuinya secara persis. Namun, mantan Kepala SMPN 2 Utan ini berharap dapat dilakukan secepatnya, karena sekolah sedang menunggu dan sudah siap untuk memulai pekerjaan.

Berita Terkait:  UTS Berhasil Produksi Cold Storage, Zul : Ini Langkah Menggembirakan

Untuk diketahui, di bidang SMP ada sebanyak 59 sekolah yang ditetapkan sebagai penerima DAK tahun ini. Dari jumlah tersebut, 36 sekolah diantaranya mendapatkan DAK fisik, 19 sekolah mendapat DAK mutu dan 4 sekolah mendapat DAK afirmasi.

Untuk DAK fisik pemerintah pusat mengucurkan dana sebesar Rp 12 miliar lebih, DAK mutu Rp 2 miliar lebih dan DAK afirmasi Rp 560 juta lebih. Total DAK bidang SMP sendiri sebesar Rp 14,9 miliar.

Pencairan dana dilakukan dalam tiga tahap. Tahap pertama sebesar 25%, tahap kedua 45% dan tahap ketiga 30%, dengan system swakelola dan jangka waktu pekerjaan selama tiga bulan. (NM9)

Berita Terkait:  Sita Dua Kotak Komix, Satpol PP Amankan Empat Pelajar di Sumbawa