Beranda PENDIDIKAN 12 Karya Dosen IISBUD SAREA Lolos Proposal Penelitian Kemenristek-DIKTI

12 Karya Dosen IISBUD SAREA Lolos Proposal Penelitian Kemenristek-DIKTI

BERBAGI

SUMBAWA — Pelaksanaan tri darma perguruan tinggi yang terdiri dari unsur kegiatan pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat menjadi suatu keharusan bagi perguruan tinggi.

Setiap tahunnya Kemenristek-DIKTI menyelenggarakan kompetisi perolehan dana hibah penelitian. Kompetisi ini merupakan ajang yang cukup bergengsi antar dosen untuk mengajukan proposal penelitian.

Sebagai bentuk komitmen dalam pelaksanaan tri darma perguruan tinggi, dosen-dosen Institut Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya Samawa Rea turut aktif dalam kompetisi perolehan dana hibah penelitian yang diselenggarakan oleh Kemenristek-DIKTI.

Berita Terkait:  Universitas Islam Al-Azhar Raih Penghargaan dari LLDIKTI Wilayah VIII

Dari 22 judul penelitian yang diajukan, ada 12 proposal yang berhasil dinyatakan lolos dalam hibah penelitian yang diselenggarakan oleh Kemenristek-DIKTI untuk tahun anggaran 2021. 80% penelitian yang dilakukan mengambil core Budaya Sumbawa sebagai objek.

Ketua Lembaga Riset dan Pengabdian kepada Masyarakat (LRPM) IISBUD SAREA, Junaidi, S.Pd.,M.Pd, mengatakan 12 proposal yang lolos pendanaan terdiri dari proposal penelitian seluruhnya.

“Jumlah proposal yang lolos ini meningkat dari 3 proposal menjadi 12 proposal dari tahun lalu. Tahun 2021 ini adalah awal yang baik untuk menumbuhkan budaya meneliti di lingkungan dosen IISBUD SAREA agar tumbuh secara positif. Integrasi antara penelitian, pengabdian dan pembelajaran akan sangat berpengaruh pada kompetensi mahasiswa,” katanya.

Berita Terkait:  Sumbawa Masih Terapkan Sistem Home Learning

Sementara itu, Rektor IISBUD SAREA, Miftahul Arzak,S.Ikom,.M.A, memberikan apresiasi terhadap capaian prestasi dosen-dosen IISBUD SAREA dalam mewujudkan Tri Dharma Perguruan Tinggi di bidang penelitian dan pengabdian masyarakat.

Ia berharap agar prestasi yang dihasilkan oleh para dosen melalui penelitian dan pengabdian tersebut mampu menghasilkan temuan-temuan baru, yang kemudian bisa menjadi solusi dari suatu permasalahan.

Sebagai tindak lanjut dari prestasi ini, LRPM IISBUD SAREA akan melakukan koordinasi dengan tim peneliti dalam upaya untuk penjaminan mutu dan terus memotivasi para dosen dalam melakukan penelitan-penelitian yang dapat dimanfaatkan masyarakat dan industri. (red) 

Berita Terkait:  Segini DAK Fisik yang Diterima Disdikbud Sumbawa Tahun 2019