Beranda PEMERINTAHAN Wujudkan Pelayanan Prima, Dukcapil Terapkan RABUSIHADI

Wujudkan Pelayanan Prima, Dukcapil Terapkan RABUSIHADI

BERBAGI
Kepala Dinas Dukcapil Kota Mataram, Chaerul Anwar. (Foto : Bobby Maramis)

NUSRAMEDIA.COM, MATARAM — Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kota Mataram terus berupaya melakukan berbagai gebrakkan, terutama dalam meningkatkan pelayanan terbaik bagi masyarakat.

Jika selama ini pelayanan dalam membuat dokumen kependudukan terkesan rumit bahkan lama dibeberapa daerah, di Kota Mataram hal itu tidak berlaku.

Pasalnya, Dinas Dukcapil sendiri terus melakukan terobosan nyata. Selain sistem jemput bola (car free day/goes to scool) juga menggandeng berbagai pihak seperti Ketua RT/Kepala Lingkungan dan lainnya.

Demikian ungkap Kepala Dinas Dukcapil Kota Mataram, Chaerul Anwar kepada media ini saat ditemui diruang kerjanya, Selasa (12/3).

Berita Terkait:  Sumbawa Usul Rp 1,4 Triliun DAK untuk 2020

Adapun upaya lain sambung Chaerul Anwar, yakni menerapkan program pelayanan RABUSIHADI (Rabu Sehari Jadi, Red).

“Mau urus apa saja langsung jadi di hari rabu (Dokumen Kependudukan seperti KK, KTP, Akta termasuk KIA dan lainnya). Pokoknya kita upayakan semuanya selesai,” ujarnya.

“Sebelumnya kan (Berdasarkan SOP) pengurusan Akta tujuh hari, KK lima hari dan KTP tiga hari. Tapi sekarang dengan program khusus di hari rabu ini semuanya kita upayakan tuntas dalam sehari,” tambah Anwar lagi.

Berita Terkait:  Tingkatkan Minat Baca, Ini Upaya DPKP NTB

Ia mengaku dengan berjalannya program pelayanan tersebut, semua berlangsung baik. Bahkan, masyarakat sangat antusias dengan adanya program yang diinisiasikan oleh Chaerul Anwar.

Mantan Kasat Pol-PP Kota Mataram itu juga, menerangkan semenjak dimaksimalkannya pelayanan, masyarakat terlihat sangat aktif mengurus dokumen kependudukannya, termasuk datang dengan inisiatif sendiri melakukan perekaman di Kantor Disdukcapil setempat.

“Bisa dikatakan program ini (Rabusihadi) berjalan sesuai seperti yang diharapkan bersama. Sistem antrean sudah tidak lagi padat seperti sebelumnya, dan dokumen-dokumen masyarakat tidak lagi menumpuk,” akunya.

Terbilang cukup berhasilnya berbagai upaya dan program yang diterapkan oleh Dikcapil ini masih kata Anwar, semua tidak terlepas dari adanya dukungan dan kerjasama yang baik dari semua pihak, terutama para staf/pegawai Dinas Dukcapil sendiri.

Berita Terkait:  Lembaga Independen Ditetapkan, Seleksi Tambahan Bacakades Segera Terlaksana

Untuk itu, ia berharap dengan berbagai upaya yang dilakukan pihaknya dapat memberikan kepuasan serta pelayanan terbaik kepada masyarakat.

“Bagi masyarakat yang belum mengurus kelengkapan dokumen kependudukannya jangan ragu untuk datang (Kantor Dukcapil). Kalau semua persyaratannya lengkap tidak akan lama prosesnya. Karena pelayanan yang kami terapkan sangat mudah dan cepat,” demikian Chaerul Anwar. (NM1)