Beranda PEMERINTAHAN Wabup Sumbawa Soroti Infrastruktur TIK

Wabup Sumbawa Soroti Infrastruktur TIK

BERBAGI
Wakil Bupati Sumbawa-Dewi Noviany (kiri) didampingi Kepala Dinas Kominfotik Sumbawa-Rachman Ansori.

SMART CITY DI SUMBAWA DIEVALUASI

SUMBAWA — Kabupaten Sumbawa telah memastikan diri sebagai salah satu kabupaten dalam program nasional Gerakan Menuju 100 Smart City Indonesia tejak tahun 2018 yang lalu. Berbagai upaya telah dilakukan pemerintah daerah guna mewujudkan Kabupaten Sumbawa menjadi Smart City.

Tepat pada Kamis 27 Mei 2021 ini, Pemkab Sumbawa bersama Dirjen Aplikasi Informatika Kemenkominfo RI melakukan evaluasi atas pelaksanaan program Smart City di Kabupaten Sumbawa.

Dikesempatan itu, Wakil Bupati Sumbawa-Dewi Noviany memberikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan tersebut. Menurut dia, aspek digital menjadi pemungkin atau daya dukung esensial bagi suksesnya visi dan misi, program kerja dan agenda Pemda Sumbawa 5 tahun kedepan.

Berita Terkait:  Tahun 2019, UMK Sumbawa Diusulkan Naik Jadi Segini..

Tak hanya itu, Wabup juga menyoroti soal pemenuhan dan pemerataan infrastruktur TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) di Kabupaten Sumbawa yang dinilainya masih kurang. Oleh karenanya, ia berharap dan meminta dukungan kementerian terkait agar pembangunan aplikasi lebih dimaksimalkan.

Yakni seperti aplikasi e-government, start up digital dan e-commerce. Termasuk pula soal pelatihan dan peningkatan kemampuan literasi digital bagi aparatur dan masyarakat di Kabupaten Sumbawa.

Bahkan, kepada seluruh perangkat daerah, Wabup Sumbawa menginstruksikan agar memanfaatkan momentum ini guna membangun apa yang menjadi harapan bersama. Yaitu “Sumbawa Gemilang yang Berkeadaban” melalui penyuksesan dan implementasi program smart city di Sumbawa.

Berita Terkait:  Sejumlah Desa, JP PBB Hingga Tamang di Lunyuk dapat Penghargaan

Untuk diketahui, beberapa perangkat daerah yang berkaitan langsung dengan upaya mewujudkan program Smart City di Kabupaten Sumbawa akan mendapat bimbingan dan evaluasi pada hari ini hingga esok.

Yakni seperti Dinas Peternakan Dan Kesehatan Hewan dengan SIJINAK (Sistem Jaringan Informasi Peternakan) sebagai Quickwins Smart Economy. Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil dengan aplikasi SILAMO (Sistem Informasi Layanan Adminnistrasi Kependudukan Online) sebagai Quickwins Smart Governance.

Kemudian Dinas Lingkungan Hidup dengan aplikasi Go-SIPS (Government Samawa Bersih Sampah) sebagai Quickwins Smart Environment. Dinas Sosial dengan aplikasi SIPATARA (Sistem Informasi Pajatu Tau Rara) sebagai Quickwins Smart Society.

Berita Terkait:  Bupati Husni Minta Para Kades Dukung Pemerintah Tangani Corona

Selanjutnya Dinas Koperasi UKM dan Indag dengan aplikasi UMKM SUMBAWA sebagai Quickwins Smart Branding, serta RSUD Sumbawa dengan aplikasi SIMRS KHANZA (Sistim Informasi Manajemen Rumah Sakit) sebagai Quickwins Smart Living. (red)