Beranda PEMERINTAHAN Tujuh ASN Bolos Hari Pertama Kerja

Tujuh ASN Bolos Hari Pertama Kerja

BERBAGI

NUSRAMEDIA.COM, SUMBAWA — Bupati Sumbawa, HM Husni Djibril B.Sc melakukan inpeksi mendadak (Sidak) ke sejumah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Lingkup Pemkab Sumbawa, Senin (10/6). Sidak di hari pertama pasca libur lebaran idul fitri 1440 hijriyah ini mendapati tujuah ASN tidak masuk kerja tanpa keterangan (TK).

Adapun sejumlah kantor pelayanan yang dikunjungi Bupati bersama Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) dan Inspektur Inpektorat beserta tim diantaranya Dishub, Dinas PUPR, Dispopar, Kesbangpoldagri, BPBD, Dinas Pangan, Dinas PRKP, Bappeda, Dinas LH dan Disdukcapil. Di beberapa OPD tersebut ada ASN yang tidak masuk kerja namun dengan keterangan jelas.

Berita Terkait:  Doktor Zul : Kunci Sukses adalah Kerendahan Hati dan Silahturahmi

“Semua kantor yang saya datangi hari ini Alhamdulillah hadir sesuai dengan SKB tiga menteri itu, Menpan RB. Artinya ada yang tidak masuk tapi karena alasan sakit, tapi hanya beberapa orang dari semua dinas yang saya datangi. Kemudian ada satu dinas tadi karena psikis dia memang terganggu dalam kantornya, makanya dia agak terlambat masuk,” ujar Bupati kepada wartawan, disela melakukan sidak.

Ditegaskan Bupati, bagi ASN yang tidak masuk kerja tanpa keterangan akan dikenakan sanksi sesuai aturan yang sudah ditentukan.

“Sanksinya itu ya tentu sesuai aturan, saya tidak mau lari dari ketentuan yang mengatur tentang itu. Karena kewajiban saya siapa saja yang tidak masuk hari kerja ini akan dikenakan sanksi. Kecuali karena alasan tertentu yang dibenarkan oleh aturan juga, saya kira itu dalam pantauan saya,” jelas Bupati.

Berita Terkait:  Diskominfotik Bakal Bentuk Duta NTB Care

Ditemui secara terpisah, Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kabupaten Sumbawa, Syahruddin SH mengungkapkan, dari 2.317 ASN yang ada, 2.241 diantaranya masuk kantor. Sementara sisanya 7 orang tidak masuk tanpa keterangan, 12 orang dengan keterangan sakit, 6 orang tugas dinas, 10 orang tugas belajar dan sisanya izin disertai keterangan jelas.

“Jadi rata-rata 97,4% tingkat kehadiran dihari pertama. Yang 7 inilah yang akan kita tindaklanjuti, kami akan bersurat kepada kepala OPD nya untuk memberikan teguran dan langsung menjatuhkan teguran disiplin, mungkin bisa ringang, sedang, karena dia sudah melanggar pasal 3 angka 17 peraturan kedinasan,” ujarnya usai melakukan pendataan.

Berita Terkait:  Bupati Najmul Hadiri Upacara Penerimaan Yonzipur 10/Kostrad

Diakuinya, sidak yang dilakukan tidak hanya di OPD saja namun juga di Kecamatan hingga Kelurahan. Hasil sidak yang dilakukan sudah dilaporkan ke Kemenpan RB.

“Sidak ini di Kecamatan, OPD hingga Kelurahan, data kehadirannya sudah disampaikan ke Kemenpan. Kami berterima kasih kepada ASN yang telah menaati aturan dari pusat, sebab bagaimana juga nanti Bupati yang ditegur oleh pusat apabila banyak ASN yang tidak masuk pada hari pertama ini,” tukasnya. (NM3) 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here