Beranda PEMERINTAHAN Tingkatkan Layanan Telekomunikasi, Bupati Sumbawa Surati Operator dan Kementerian

Tingkatkan Layanan Telekomunikasi, Bupati Sumbawa Surati Operator dan Kementerian

BERBAGI

NUSRAMEDIA.COM, SUMBAWA — Sampai saat ini, secara umum telekomunikasi seluler telah menjangkau hampir seluruh wilayah di Kabupaten Sumbawa bahkan ke pelosok terpencil, dan sebagian besar telah berteknologi 3G/4G.

Walaupun demikan masih ada beberapa area yang menerima layanan telekomunikasi berbasis teknologi 2G/GSM. Mengingat semakin tingginya harapan masyarakat yang bukan hanya memanfaatkan sarana telekomunikasi seluler untuk sekedar berkomunikasi namun juga kebutuhan akan akses data melalui internet.

Untuk memenuhi harapan tersebut, Bupati Sumbawa H. M. Husni Djibril, B.Sc telah bersurat kepada operator seluler dan Kementerian Kominfo untuk meningkatkan layanan yang berbasis teknologi 4G atau dapat melakukan interaksi dan komunikasi data melalui internet di beberapa wilayah di Kabupaten Sumbawa yang terdeteksi masih berbasis 2G/GSM.

Berita Terkait:  Selangkah Lagi, “Nusa Terang Benderang” Terwujud

Demikian disampaikan oleh Kepala Dinas Kominfotik Sumbawa Rachman Ansori diruang kerjanya. “Bupati telah bersurat kepada operator seluler dan juga menyampaikan tembusannya kepada Menteri Kominfo agar layanan ditingkatkan menjadi 4G”, papar Ansori.

Hal ini didasari atas kebutuhan berbagai pelayanan publik pemerintahan, maupun kebutuhan masyarakat dan dunia usaha akan akses informasi yang cepat khususnya dibidang pendidikan, kesehatan, transportasi, pertanian, peternakan dan sektor ekonomi masyarakat lainnya, mengingat luasnya wilayah Kabupaten Sumbawa yang potensial dan cepat berkembang, tambah Ansori.

Berita Terkait:  Buka Rakerkesda 2019, Wagub NTB : Harus Punya Target Besar!

“Terlebih saat ini, Pemerintah Pusat sedang memprogramkan seluruh wilayah Indonesia dapat terakses internet, maka Pemda langsung melakukan langkah-langkah proaktif”, imbuh Ansori.

Lebih lanjut, menurut mantan Camat Lunyuk ini bahwa usulan ini adalah hasil survey lapangan dan laporan pemerintah desa maupun masyarakat. “Kami akan terus melalukan deteksi sinyal untuk memastikan kondisi di lapangan linear dengan data digital maupun data satelit yang ada di Kementerian Kominfo maupun operator seluler, sehingga memudahkan dalam pengusulan selanjutnya”, pungkas Ansori.

Berita Terkait:  24 Ribu KK Terdata Menerima BLT Dana Desa

Adapun wilayah yang diusulkan untuk ditingkatkan dari layanan 2G/GSM ke layanan 4G  sesuai Surat Bupati Sumbawa Nomor : 555/127/DKIS/II/2020, antara lain Desa Tangkam Pulit, Baturotok, Baodesa, Batudulang dan Tepal Kecamatan Batulanteh.

Kemudian Desa Senawang, Sebeok, Mungkin dan Kelawis Kecamatan Orong Telu, Desa Sempe dan Mokong Kecamatan Moyo Hulu, Desa Sampe Kecamatan Rhee, juga Desa Ropang dan Labangkar Kecamatan Ropang, Desa SP Prode 2 dan SP Prode 3 Kecamatan Plampang, serta Desa Labuhan Ijuk Kecamatan Moyo Hilir. (red)